PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI KOMUNIKASI SINKRON DAN ASINKRON DALAM JARINGAN MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO

  • YOGA DWI MAHENDRA

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI KOMUNIKASI SINKRON DAN ASINKRON DALAM JARINGAN MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO

Nama : Yoga Dwi Mahendra

NIM : 15010024067

Program Studi : Teknologi Pendidikan

Jurusan : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dr. Andi Mariono, M.Pd.

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMKN 1 Sooko Mojokerto yang merupakan hasil dari observasi awal oleh peneliti adalah kurangnya pemahaman siswa jurusan multimedia mengenai materi komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil wawancara oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Dikarenakan keterbatasan media pembelajaran yang tersedia di SMKN 1 Sooko Mojokerto mengakibatkan siswa belum mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan mengenai masalah dan potensi yang dilakukan oleh peneliti, maka dibutuhkan pengembangan media E-modul berbasis aplikasi android pada materi komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan. E-modul berbasis aplikasi android adalah media pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran yang dapat dilakukan secara mandiri oleh siswa dengan memanfaatkan teknologi Smartphone android sebagai sarana pengoperasiannya.

Tujuan dari pengembangan media E-modul berbasis aplikasi android adalah untuk menghasilkan produk E-modul untuk mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital materi komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan serta untuk mengetahui kelayakan serta keefektifan dari media E-modul terhadap hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R&D oleh Sugiyono dengan subjek uji coba kelas XI jurusan multimedia SMKN 1 Sooko Mojokerto. Data dikumpulkan melalui instrumen kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran, instrumen kelayakan materi, intrumen kelayakan media, instrumen kelayakan bahan penyerta media, validitas dan reliabilitas butir soal, homogenitas serta normalitas. Adapun proses hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan perbandingan hasil posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Jenis data kualitatif dan kuantitatif, analisis data yang digunakan untuk memproses hasil uji kelayakan menggunakan skala penilaian Linkert, untuk uji kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran (75%) menunjukkan kategori layak. Untuk uji kelayakan materi komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan (100%) menunjukkan kategori sangat layak. Uji kelayakan media E-modul berbasis android (88%) menunjukkan kategori sangat layak. Uji kelayakan bahan penyerta media (83%) menunjukkan kategori sangat layak. Media E-modul berbasis android dinyatakan efektif berdasarkan perbandingan post-test antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen yaitu rata-rata kelas kontrol sebesar 73,33 sedangkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,33.

Kata kunci: Pengembangan, E-modul berbasis android, hasil belajar

Published
2019-07-12
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 116