Pengembangan Media E-Modul Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Untuk Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto

  • SAFIRA DIAH FEBRIANTI

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL PADA MATERI PERANGKAT LUNAK PENGOLAH GAMBAR MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 SOOKO– MOJOKERTO

Nama : Safira Diah Febrianti
NIM : 15010024022
Program Studi : Teknologi Pendidikan
Jurusan : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Hari Sugiharto Setyaedhi,. M.Si

Berdasarkan hasil studi awal di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto pada materi perangkat lunak pengolah gambar mata pelajaran dasar desain grafis, ditemukan permasalahan yakni minimnya sumber belajar yang tersedia di sekolah sehingga peserta didik kesulitan dalam memahami isi materi yang bersifat konseptual. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui nilai 20 dari 32 peserta didik masih kurang dari standar yang ditentukan sekolah yakni 75. Sehubungan dengan hasil studi awal yang sudah dilakukan, maka diperlukan Pengembangan Media e-Modul Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis untuk kelas X multimedia di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto.

Tujuan dari pengembangan media E-Modul adalah untuk mengetahui kelayakan serta keefektifan dari media E-Modul terhadap hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah model pengembangan R&D oleh Borg and Gall dengan subjek uji coba kelas XI jurusan multimedia SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Data hasil uji validasi untuk kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran memperoleh presentase sebesar 78% (baik), uji kelayakan untuk materi dengan presentase 76% (baik), uji kelayakan untuk media dengan presentase 85% (sangat baik), uji kelayakan untuk bahan penyerta dengan presentase 84% (sangat baik). Media e-Modul dapat dikatakan layak apabila sudah melalui uji coba pemakaian pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik yang akan diteliti, maka berdasarkan uji coba pemakaian yang sudah dilakukan memperoleh presentase sebesar 88,563% (sangat baik). Media e-Modul dapat dikatakan efektif apabila terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan melalui perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan media e-Modul dengan hasil yang sudah diperoleh melalui uji t yakni t hitung t tabel dengan perbandingan angka 21,682 2,045.

Kata kunci: Pengembangan, e-Modul, hasil belajar, mata pelajaran dasar desain grafis

Published
2019-07-12
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 71