PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI DINAMIKA LITOSFER KELAS X IPS SMA TERBUKA 19 SURABAYA

  • REXYTA DWI CAHYANI

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMA Terbuka 19 Surabaya yang merupakan hasil dari observasi awal oleh peneliti ialah diperlukannya media pembelajaran yang dapat digunakan secara mandiri di jam luar sekolah. Hal tersebut dibuktikan dengan melihat minimnya jam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa SMA Terbuka dan banyaknya materi yang harus diterima siswa. Dengan munculnya kendala tersebut, maka adanya pengembangan media E-Modul berbabsis androisd ini bisa menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Media E-modul berbasis android ini bersifat interaktif yang sesuai dengan konsep pembelajaran mandiri yaitu meminimalisisr bantuan drai orang lain (guru). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dang angket. Jenis data yang diperoleh berupa jenis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis validasi ahli materi diperoleh presentase 75%, ahli media dengan presentase 93%, ahli desain pembelajaran dengan presentase 100%, uji coba perorangan 66%, uji coba kelompok kecil 75% serta uji coba kelompok besar 81%. Berdasarkan hasil presentase tersebut termasuk kriteria sangat layak sehingga media E-Modul materi Dinamika Litosfer dinyatakan layak. Sedangkan hasil uji t dengan melakukanpre test dan post test diperoleh hasil sebesar 2,446 yang kemudian dicocokkan dengan 𝑑 π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ dengan taraf signifikan 5% dan d.f=58, sehingga diperoleh 𝑑 π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ sebesar 2,001. Sehingga 𝑑 β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” lebih besar dari 𝑑 π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ yaitu 2,446 > 2,001. Maka penggunaan media E-Modul dapat dikatakan sudah efektif.

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMA Terbuka 19 Surabaya yang merupakan hasil dari observasi awal oleh peneliti ialah diperlukannya media pembelajaran yang dapat digunakan secara mandiri di jam luar sekolah. Hal tersebut dibuktikan dengan melihat minimnya jam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa SMA Terbuka dan banyaknya materi yang harus diterima siswa. Dengan munculnya kendala tersebut, maka adanya pengembangan media E-Modul berbabsis androisd ini bisa menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Media E-modul berbasis android ini bersifat interaktif yang sesuai dengan konsep pembelajaran mandiri yaitu meminimalisisr bantuan drai orang lain (guru). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dang angket. Jenis data yang diperoleh berupa jenis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis validasi ahli materi diperoleh presentase 75%, ahli media dengan presentase 93%, ahli desain pembelajaran dengan presentase 100%, uji coba perorangan 66%, uji coba kelompok kecil 75% serta uji coba kelompok besar 81%. Berdasarkan hasil presentase tersebut termasuk kriteria sangat layak sehingga media E-Modul materi Dinamika Litosfer dinyatakan layak. Sedangkan hasil uji t dengan melakukanpre test dan post test diperoleh hasil sebesar 2,446 yang kemudian dicocokkan dengan 𝑑 π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ dengan taraf signifikan 5% dan d.f=58, sehingga diperoleh 𝑑 π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ sebesar 2,001. Sehingga𝑑 β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” lebih besar dari 𝑑 π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ yaitu 2,446 > 2,001. Maka penggunaan media E-Modul dapat dikatakan sudah efektif.

Kata Kunci : Pengembangan, E-Modul Berbasis Android, SMA Terbuka

Published
2019-07-23
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 191