PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MATERI PRODUKSI VIDEO PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL UNTUK SISWA KELAS X TEI DI SMKN 1 JABON SIDOARJO

  • SABHILLA ANDHIKA SURYA

Abstract

Abstrak

Terbatasnya buku mata pelajaran sebagai sumber belajar, kurang ketersediaan media pembelajaran serta masih diterapkannya metode konvensional pada pembelajaran menjadi penyebab kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TEI SMKN 1 Jabon Sidoarjo tahun ajaran 2018/2019. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media video yang dikembangkan dan ditujukan kepada peserta didik kelas X TEI di SMKN 1 Jabon Sidoarjo. Kelayakan dari media pembelajaran ini diketahui dari penghitungan data berupa angket untuk para ahli serta angket untuk peserta didik. Sedangkan keefektifan media pembelajaran diketahui dengan melakukan penghitungan uji t yang datanya diperoleh dari pre-test dan post-test peserta didik. Hasil dari kegiatan validasi dan uji coba diperoleh hasil dengan kategori sangat baik dengan melakukan revisi sehingga media pembelajaran dapat dikatakan layak dalampembelajaran. Pada uji validitas butir soal dinyatakan valid dan uji reliabilitas dinyatakan reliabel. Data yang dianalisis bersifat homogen dan berdistribusi normal. Metode penghitungan data menggunakan rumus uji t menghasilkan > , (3,409 > 1,6688). Dari penghitungan data tersebut menunjukkan bahwa pengembangan media efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Video Pembelajaran, Simulasi dan Komunikasi Digital, Produksi Video

Published
2019-07-23
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 99