PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 JOMBANG PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL

  • FITRIA DEVI FARADINA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match serta untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X di SMK Negeri 1 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara untuk memperoleh data awal penelitian, observasi proses pembelajaran untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match, dan observasi keaktifan siswa untuk mengamati aktivitas siswa proses pembelajaran berlangsung. Analisis data menggunakan rumus Koefisien Kesepakatan dan Uji Paired t-test. Berdasarkan hasil analisis data observasi proses pembelajaran dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil analisis data dari observasi keaktifan siswa menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berpengaruh dalam meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil Uji Paired t-test yang menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel. Kelas eksperimen 1 memperoleh hasil thitung 37,701 > ttabel 2,042, sedangkan untuk kelas eksperimen 2 memperoleh hasil thitung 36,080 > ttabel 2,042. Sehingga, dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap keaktifan siswa.

Published
2019-07-25
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 28