PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI POKOK GREETING AND INTRODUCTION KELAS VII DI SMP DEWANTARA SURABAYA

  • DESY AYU AINURROHMAH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menghasilkan produk media board game materi pokok greeting and introduction pada mata pelajaran bahasa inggris untuk peserta didik kelas VII SMP Dewantara Surabaya yang layak. (2) Mengetahui keefektifan produk media board game materi pokok greeting and introduction pada mata pelajaran bahasa inggris untuk peserta didik kelas VII SMP Dewantara Surabaya.

Model pengembangan yang digunakan adalah model Reseach and Development (R&D) karena pengembangan R&D memiliki langkah-langkah yang lebih sistematis dan terperinci disetiap tahapannya. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara terstruktur dan tes untuk mengetahui kelayakan media. Untuk mengetahui tingkat efektifitas menggunakan teknik analisis uji t sedangkan untuk kelayakan teknik analisis guttman.

Data kelayakan produk yang dihasilkan, ditentukan melalui analisis hasil validasi ahli materi 100% yang termasuk dalam kategori sangat baik, ahli media yaitu 93,33% dimana juga termasuk dalam kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran yaitu 87,5% yang termasuk dalam kategori sangat baik, ahli bahan penyerta yaitu 95% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Uji coba yang dilakukan baik uji coba perorangan menilai 91,11% termasuk dalam kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil menilai 83,33%, sedangkan uji kelompok besar 94,4% dan semua termasuk dalam kategori sangat baik. Dari semua penilaian dan kategori yang sudah dinilai maka dapat disimpulkan bahwa Pengembangan media board game materi pokok greeting and introduction mata pelajaran bahasa inggris kelas VII SMP Dewantara Surabaya layak untuk digunakan oleh peserta didik.

Sedangkan hasil analisis data uji t dan peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil rata-rata uji coba post-test yaitu 83,52 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil rata-rata pre-test yaitu 56,17. Melalui perhitungan uji t diketahui hasil thitung sebesar 15,337. Selain itu, berdasarkan pengujian menggunakan taraf signifikan 5% db = 34-1 = 33 diperoleh ttabel = 2,034. Jadi peneliti dapat menyimpulkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 15,337 > 2,034. Sehingga terjadi perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test dan dapat disimpulkan bahwa media board game efektif digunakan pada materi pokok greeting and introduction mata pelajaran bahasa inggris peserta didik kelas VII SMP Dewantara Surabaya.

Kata kunci : Pengembangan, Media board game, bahasa inggris, Materi pokok greeting and introduction.

Published
2019-12-26
Abstract Views: 254
PDF Downloads: 560