PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC MATERI STRATEGI PERLAWANAN BANGSA INDONESIA TERHADAP IMPERALISME DAN KOLONIALISME PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA SEJAHTERA SURABAYA

  • RARA TIARA NURVIKA

Abstract

Abstrak

E-comic Adalah media pembelajaran berbasis elektronik berupa smartphone. pada penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan pengembangan media E-comic pada mata pelajaran Sejarah materi pokok Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Imperalisme dan Kolonialisme, sub Tema Perang Diponegoro untuk peserta didik kelas XI IPS di SMA Sejahtera Surabaya Layak dan Efektif dlaam kegoiatan pembelajaran.

Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) oleh Branch. Metode uji kelaayakan mengunakan angket yang di berikan kepada ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media dan ahli bahan penyerta, serta peserta didik kelas XI IPS di SMA Sejahtera Surabaya, 3 siswa uji perorangan, 6 siswa uji kelompok kecil, dan uji pemakaian kelompok besar. Teknik uji keefektifan menguinakan Uji-t pretest-postest yaitu pada kelas kontrol dan kelas eksperiment melibatkan subjek peserta didik kelas XI IPS SMA Sejahtera Surabaya.

Hasil analisis data pengembangan media E-comic dalam materi Starategi Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Imperalisme dan Kolonialisme mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS di dukung dari data (Ahli pembelajaran =100% ”Sangat Baik”, Ahli materi = 100% “Sangat Baik”Ahli Bahan Penyerta 100% “Sangat Baik”, ahli media E-comic = 100% “Sangat Baik” serta Uji coba Peserta didik perorangan =100% “Snagat Baik”, kelompok kecil = 100% “Sangat Baik”, dan Pemakaian= 100% “Sangat Baik”), menujukan bahwa media ­e-comic yang dikembangkan Layak digunakan untuk kegiatan Pembelajaran. Di perkuat juga dangan hasil analisis uji keefektifan media E-comic materi Starategi Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Imperalisme dan Kolonialisme mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS data pretest-postest kelas kontrol dan eksperiment (thitung = 8,87) dengan taraf signifikan 5% (db= 68, t tabel= 1,67). Sehingga nilai thitung lebih besar dari ttabel maka media e-comic efektif digunkan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan, E-comic, model Pengembangan ADDIE, Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Imperalisme dan Kolonialisme.

Published
2020-01-13
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 448