PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PELAJARAN PPKn SUB TEMA PAKAIAN ADAT DAN RUMAH ADAT DI INDONESIA UNTUK KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH 22 SURABAYA

  • ANISAUL INDAH MUTIASARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media animasi PPKn sub tema pakaian adat dan rumah adat di Indonesia kelas III di SD Muhammadiyah 22 Surabaya. Media animasi tersebut untuk memudahkan peserta didik dalam belajar. Hal ini didasarkan pada latar belakang penelitian yaitu kurangnya inovasi sehingga siswa mudah bosan, siswa cenderung menyukai media visual, pada dasarnya siswa akan merasa senang jika memahami apa yang ia pelajari. Untuk itu diperlukan pemecahan masalah dengan menggunakan media animasi yang layak dan efektif. Desain penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest One Group Design. Data dikumpulkan dengan menggunakan Teknik wawancara, kuisioner atau angket, dan tes. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh data studi pendahuluan untuk menggali potensi masalah yang terdapat pada subjek penelitian. Teknik kuisioner atau angket digunakan untuk memperoleh data tentang validasi materi, validasi media, dan kelayakan media yang ditujukan kepada sasaran pengembangan. Tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang penggunaan media animasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh dari kedua ahli materi, memperoleh presentase nilai sebanyak 100%. Data yang diperoleh dari kedua ahli media, memperoleh presentase nilai sebanyak 100%. Data yang diperoleh dari ahli desain pembelajaran, memperoleh presentase nilai sebanyak 100%. Data yang diperoleh dari kedua ahli bahan penyerta, memperoleh presentase nilai sebanyak 96,15%. Pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar bahwa dari semua aspek angket mendapatkan presentase nilai masing-masing sebanyak 100%, 100%, dan 94,85%.Mengetahui keefektifan media menggunakan uji-t dengan d.b = N-1 = 34-1 = 33 (dikonsultasikan dengan tabel nilai t) dengan nilai harga t = 2,032 dimana pada pengembangan ini menghasilkan t hitung lebih besar dari pada t tabel 4,586 > 2,032, dengan demikian menunjukkan bahwa media animasi ini sangat efektif apabila digunakan dalam kegiatan pembelajaran PPKn sub tema pakaian adat dan rumah adat di Indonesia.

Kata kunci : Media Animasi, PPKn, Pakaian adat Indonesia, Rumah adat Indonesia.

Abstract

This study aims to develop Pancasila and Civic Education animation media sub-theme of traditional clothes and traditional houses in Indonesia for 3rd grade of elementary school Muhammadiyah 22 Surabaya. The animation media is to facilitate students in learning. This is based on research background, namely lack of innovation so students get bored easily, students tend to like visual media, basically students will feel happy if they understand what they are learning. For this reason problem solving is needed by using appropriate and effective animation media. The design of this study used Pretest-Posttest One Group Design. The data were collected using interview techniques, questionnaires or questionnaires, and tests. Interview techniques are used to obtain preliminary study data and explore the potential problems inherent in the research subject. Questionnaire or questionnaire technique is used to obtain data about material validation, media validation, and the feasibility of the media aimed at development goals. The test is used to obtain quantitative data about the use of animation media.The results showed that the data obtained from the two material experts is, obtained a percentage value of 100%. Data obtained from the two media experts is, obtained a percentage value of 100%. Data obtained from learning design experts is, obtained a percentage value of 100%. Data obtained from the two accompanying materials experts is obtained a percentage value of 96.15%. In individual trials, small group trials, and large group trials that from all aspects of the questionnaire received a percentage value of 100%, 100%, and 94.85% respectively. Know the effectiveness of the media using the t-test with db = N-1 = 34-1 = 33 (consulted with a table of values ​​t) with a value of the price of t = 2.032 which in this development produces a t count greater than the t table 4,586> 2,032, thus showing that this animation media is very effective to be used in the learning activities of the pancasila and civic education sub themes of traditional clothes and traditional houses in Indonesia.

Keywords: Animation Media, Pancasila and Civic Education, Indonesian traditional clothes, Indonesian traditional houses.


Published
2020-01-13
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 131