PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS UNTUK KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

  • HESTI EKA YULIANTI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) untuk mengembangkan media CAI (Computer Assisted Instruction) yang layak pada Materi Wujud Tekstur Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. (2) untuk mengetahui tingkat keefektifan media CAI (Computer Assisted Instruction) yang layak pada Materi Wujud Tekstur Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya.

Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate. Pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, angket dan tes untuk mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat keefektifan media CAI (Computer Assisted Instruction) yang dikembangkan pada pembelajaran terkait. Jenis data dalam penelitian pengembangan ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik wawancara dan angket digunakan untuk memperoleh data kualitatif tentang kelayakan media CAI (Computer Assisted Instruction), sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang hasil belajar siswa kelas X Multimedia SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Teknik analisis data pada penelitian pengembangan ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan Uji t untuk menguji hipotesis.

Berdasarkan analisis data, hasil uji kelayakan media CAI (Computer Assisted Instruction) pada ahli materi I dan II, ahli media I dan II, serta uji coba yang diterapkan pada kelompok peserta didik dapat dikategorikan sangat baik. Sehingga disimpulkan bahwa media CAI (Computer Assisted Instruction) pada Materi Wujud Tekstur Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis telah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya.

Selanjutnya hasil analisis Uji t yang membandingkan dari hasil nilai pretest dan posttest yang dilakukan pada kelas X Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya, didapatkan t hitung lebih besar dari t tabel yakni 6,24 > 1,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media CAI (Computer Assisted Instruction) pada Materi Wujud Tekstur Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis telah efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya.

Kata Kunci: Pengembangan, Media CAI (Computer Assisted Instruction), Wujud Tekstur, Dasar Desain Grafis

Abstract

The purposes of this development research are (1) to develop appropriate CAI (Computer Assisted Instruction) media in Form of Texture Material for Basic Subjects in Graphic Design at SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. (2) to know the effectiviness degree of CAI (Computer Assisted Instruction) media on the Material Texture Form of Basic Graphic Design Subjects at SMK Muhammadiyah 2 Surabaya.

The development model used is the ADDIE model with 5 stages, Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluate. Data collection used structured interviews, polls and tests to determine the level of feasibility and effectiveness of CAI (Computer Assisted Instruction) media which is developed on related learning. he kind of data in research this development in the form of qualitative and quantitative .Interviews and chief techniques used to obtain data about media qualitative feasibility CAI (Computer Assisted Instruction), while test techniques used to get quantitative data about study results x multimedia graders SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. The data analysis techniques on this development research use the normality test, homogenity test and T test to examine the hypothesis.

Based on data analysis, the feasibility results test of CAI (Computer Assisted Instruction) media on material experts I and II, media experts I and II, and trials applied toward student groups can be categorized very well. So it was concluded that CAI (Computer Assisted Instruction) media on the material texture form of basic graphic design subjects to be applied to the learning process.

The next t-test analysis result of comparing from the result of pretests and posttest value that have done in class X Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya, obtained T count greater than T table that is 6,24 > 1,67. So it can be concluded that CAI (Computer Assisted Instruction) media is effectively applied to the lesson on the material texture form of basic graphic design subjects to be applied to the learning process.

Keywords: Development, CAI (Computer Assisted Instruction) Media, The Material Texture, Basic Graphic Design.

Published
2020-01-13
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 37