PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 TAMAN SIDOARJO

  • NAILA FAUZIYYAH

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup pada kelas VII di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo. (2) Mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap nilai hasil proyek membuat bagan klasifikasi dikotom dan kunci determinasi pada kelas VII di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek dari penelitian ini menggunakan dua kelas eksperimen yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen 2 dan satu kelas kontrol yaitu kelas VII F. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan model Project Based Learning, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional sesuai dengan RPP guru. Pada penelitian ini, data diambil melaui tiga cara yaitu observasi, tes, dan penilaian proyek. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas, dan uji one-way Anova.

Berdasarkan hasil analisis observasi aktivitas guru diperoleh 0,95 yang berarti sangat kuat, sedangkan hasil dari analisis observasi aktivitas peserta didik diperoleh 0,9 yang berarti sangat kuat artinya hasil dari observasi aktivitas guru dan peserta didik tergolong dalam kategori sangat kuat. Sedangkan hasil perhitungan uji one-way Anova diperoleh fhitung= 210,64 < ftabel= 3,09 maka ho (hipotesis nol) ditolak dan ha (hipotesis alternatif) diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan pada model Project Based Learning terhadap hasil belajar materi klasifikasi makhluk hidup dalam membuat bagan klasifikasi dikotom dan kunci determinasi. Kemudian untuk hasil penilaian proyek peserta didik dalam membuat bagan klasifikasi dikotom dan kunci determinasi diperoleh nilai rata-rata yang tinggi oleh kelas eksperimen 1 dengan nilai 79 dan kelas eksperimen 2 dengan nilai 82. Hal ini menunjukkan bahwa hasil nilai dari kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 memenuhi KKM dengan menggunakan model Project Based Learning.

Kata Kunci: project based learning, hasil belajar, klasifikasi makhluk hidup

Abstract

The purpose of this research are (1) know the influence of a model Project Based Learning (PjBL) outcomes of students subjects science subject matter classifications living things to that class of VII in public Junior High Schools 2 Taman Sidoardjo. ( 2 ) Know the influence of a model Project Based Learning (PjBL) on the perceived value of the result of a project make a chart of dikotom classifications and the key of determination to that class of VII in public Junior High Schools 2 Taman Sidoarjo.

This study using the kind of research quantitative. The subject of this study using two classes experiment the class VII B as a class experiment 1 and class VII A as a class experiment 2 and one class control the class VII F. On class experiment given treatment model Project Based Learning, while in class control using conventional learning model in accordance with teachers lesson plans. In this study, data taken three ways observation , test, and assessment. Technique analysis data using the validity, reliability test, test of homogenity, test normality, and one-way anova.

Based on the analysis of observation that the teacher obtained 0,95, very strong inventory result from an analysis of the observation activity students obtained 0,9 which means very strong observation that the result of the teachers and students are in the category of very strong.While the results of the one-way anova obtained fcount = 210,64 < ftable = 3,09 so ho (hypothesis zero) rejected and (ha) received, alternative hypothesis means that there are significant influence on the model Project Based Learning to study results matter classifications living being in make a chart of classification dikotom and the key of determination. Later to the assessment results of the project students in make a chart of classifications dikotom and the key of determination obtained the average score high by class experiment 1 at the 79 and a class experiment 2 with the value of 82 .This indicates that the results of the value of a class experiment 1 and class experiment 2 complies KKM by using a model Project Based Learning.

Keywords: project based learning, learning outcomes, classification of living things
Published
2020-01-13
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 563