PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK

  • FIRST GERALD NOVIANO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran Multimedia Interaktif yang dibutuhkan dan mengetahui seberapa jauh keefektifan media tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Driyorejo, Gresik.

Model pengembangan yang digunakan adalah Research & Development oleh Borg & Gall. Prosedur yang dilakukan adalah (1)potensi dan masalah, (2)Pengumpulan data, (3)desain produk, (4)validasi desain, (5)revisi desain, (6)uji coba pemakaian, (7)revisi produk, (8)uji coba produk, (9)revisi produk, (10)produksi masal. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, angket dan test. Instrumen wawancaera digunakan kepada ahli desain pembelajaran, materi dan ahli media. Instrumen angket digunakan untuk siswa dalam menguji coba media, dan isntrument test digunakan untuk menilai keefektifitasan penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik analisis data wawancara dan angket menggunakan rumus Persentase nilai, dan data test dianalisis dengan rumus uji t.

Hasil analisis data dari angket wawancara ahli materi mendapat skor sebesar 92,19% dan 84,37%, skor yang didapat dari angket wawancara ahli media sebesar 94,11% dan 95,59%. Dalam proses uji coba media secara individu mendapat skor 82,95%, uji coba kelompok kecil mendapat skor 89,64, dan yang terakhir uji coba kelompok besar mendapat skor 86,64%. Bedasarkan skor yang didapat selama proses pengembangan dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan. Hasil uji t menuntujukkan thitung sebesar 33,24 > ttabel = 2,032, hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dan media tersebut efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Fisika


Abstract

The goal of this research is to develop an Interactive Multimedia learning and find out how far the effectiveness of the media in improving student learning outcomes in class XI IPA of SMA Negeri 1 Driyorejo, Gresik.

The development model used is Research & Development by Borg & Gall. The procedures performed are (1) potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, (6) trial use, (7) product revision, (8) product trials, (9) product revisions, (10) mass production. The instruments used were interviews, questionnaires and tests. The interview instrument was used for instructional design experts, materials and media experts. The questionnaire instrument is used for students in testing the media, and the test instrument is used to assess the effectiveness of the use of instructional media in improving student learning outcomes. Interview and questionnaire data analysis techniques used the percentage value formula, and the test data were analyzed using the t test formula.

The results of data analysis from the material expert interview questionnaire scored 92.19% and 84.37%, the score obtained from the media expert interview questionnaire was 94.11% and 95.59%. In the process of individual media trials a score of 82.95%, small group trials received a score of 89.64%, and finally the large group trials scored a score of 86.64%. Based on the scores obtained during the development process it can be concluded that the developed media is suitable for use. t test results show that the tcount is 33.24> Ttable = 2.032, it can be concluded that there are significant differences in learning outcomes and the media is effective in improving learning outcomes.

Keywords: Development, Interactive Multimedia, Physics

Published
2020-01-15
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 42