PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA PADA ANAK TUNARUNGU TINGKAT SMP DI SLB DEWI SARTIKA TAMAN SIDOARJO

  • RAHMAH AYU PERTIWI

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini (1) menghasilkan produk media Pop Up Book untuk meningkatkan kosakata pada anak tunarungu tingkat SMP di SLB Dewi Sartika Taman Sidoarjo yang layak. (2) Mengetahui keefektifan produk media Pop Up Book untuk meningkatkan kosakata pada anak tunarungu tingkat SMP di SLB Dewi Sartika Taman Sidoarjo. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implemetation, Evaluation). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian non-parametrik. Data dikumpulkan dengan angket terbuka, expert judgement dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus PSA yang digunakan untuk mengukur presentase angket kemudian untuk tes menggunakan expert judgement dan rumus Wilcoxon matcj pairs test. Berdasarkan hasil analisi data perhitungan angket ahli materi memperoleh 100% termasuk dalam kategori baik sekali perhitungan angket ahli media memperoleh 100% termasuk dalam kategori baik sekali, serta uji coba pada 2 orang siswa mendapatkan 96% termasuk kategori baik sekali. Dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book dikategorikan baik sekali dan layak digunakan. Dari hasil analisi data tes pembelajaran yang tidak menggunakan media Pop Up Book ini dapat dibuktikan denngan hasil seblu penelitian emperoleh rata-rata 54, kemudian setelah menggunakan media Pop Up Book memperoleh rat-rata 93. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Zhitung = 2,20 lebih besar dari Ztabel = 1,96 dengan nilai krisis 5% dengan n=6, Zhitung = 2,20 > ztabel = 1,96. Berdasarkan hasil tersebut terbukti bahwa penggunaan media Pop Up Book efektif untuk meningkatkan kemampuan anak tunarungu dalam memahami materi keaneka ragaman hewan.

Kata kunci : Pop Up Book, Kosakata, Tunarungu.

ABSTRACT

The purpose of this research ( 1 ) produce products media pop up to improve vocabulary book on deaf child at the level of junior high schools in SLB Dewi Sartika, Taman, Sidoarjo. ( 2 ) Know whether the media pop-up book to increase the vocabulary on deaf child at the level of junior high schools in SLB Dewi Sartika, Taman, Sidoarjo. The model of development used is the ADDIE method (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The kind of research used in this research is non-parametric. Data was gathered with the survey, expert judgement and tests. And data collection techniques is PSA formula used to measure the percentage of the survey then for the tests using expert judgement and formulas Wilcoxon matcj pairs test. Based on the results of analysis of chief data calculation is the people of material have 84 % included in a category good calculation chief media experts have 98 % included in a category good , and trial in the 2 students get 96 % in the category of good once. With the result, we can conclude that the media Pop Up Book classified as well and deserve to used. From the data analysis test learning who do not use media pop-up book this evidenced by the results of an research obtain the average is 54, then after using media pop-up book obtain the average is 93. In addition the results of research also suggests that Zhitung = 2,20 bigger than Ztabel = 1,96 with the value of the crisis 5 % = 6, with N Zhitung = 2,20 > Ztabel = 1,96. Based on these results proved that the use of media pop-up book effective to accelerate a deaf child in understanding the diversity in animal material.

Keywords: Pop Up Book, Vocabulary, Deaf.
Published
2020-01-15
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 156