PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI AKUNTANSI 1 DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG

  • FITRI AYU RUSDIANA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari pengembangan media mobile learning adalah untuk menghasilkan produk mobile learning untuk mata pelajaran matematika materi logika matematika dan mengetahui kelayakan serta keefektifan dari media mobile learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Kurangnya pemahaman peserta didik kelas XI Akuntansi mengenai materi logika matematika yang dibuktikan melalui rekap nilai peserta didik jurusan akuntansi pada tahun ajaran sebelumnya, yaitu di bawah standar yang ditetapkan oleh SMK PGRI 1 Tulungagung. Permasalahan juga disebabkan karena keterbatasan peserta didik untuk melakukan pembelajaran di kelas dikarenakan waktu pelaksanaan praktek kerja industri yang dilaksanakan dalam 6 bulan serta media pembelajaran yang digunakan masih kurang. Berdasarkan analisis kebutuhan dan potensi pemecahan masalah, maka dibutuhkan pengembangan media mobile learning pada mata pelajaran matematika khususnya materi logika matematika agar peserta didik dapat melakukan pembelajaran secara mandiri meskipun sedang melaksanakan kegiatan praktek kerja industri. Model pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan ADDIE dengan subjek penelitian kelas XI Akuntansi 1 SMK PGRI 1 Tulungagung. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, angket, dan tes. Jenis data kualitatif dan kuantitatif dianalisis dengan menggunakan skala penilaian Guttman.

Hasil penelitian menunjukkan uji kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran (100%) yang menyatakan kategori sangat baik, uji kelayakan materi logika matematika (100%) menunjukkan kategori sangat baik, uji kelayakan media (100%) menunjukkan kategori sangat baik, dan uji kelayakan bahan penyerta (100%) menujukkan kategori baik, serta kelayakan dari segi daya tarik media oleh peserta didik (95,78%) menunjukkan kategori sangat baik dan layak digunakan. Media mobile learning dinyatakan efektif berdasarkan perbandingan pre-test dan post-test kelas eksperimen yaitu rata-rata pre-test sebesar 47,33 sedangkan rata-rata post-test sebesar 72,21. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media mobile learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi logika matematika kelas XI Akuntansi SMK PGRI 1 Tulungagung.

Kata kunci : Pengembangan, Media Mobile Learning, Hasil Belajar

Abstract

The purpose of the developing of mobile learning media is, to produce the mobile learning for logic mathematics subject and to know the deserving and effectively of the mobile learning in the studying result of it.Lack of students understanding in the Accounting Class grade 11th about the Logic Math where proved by all studying result of the Accounting Students in last year, they got under limit of standart that ruled by school, SMK PGRI 1 Tulungagung. The problem caused by lacking of the students to do learning in the class because they in the outside, to do practical work industries for six months and also the learning media that used is still lacking. Based on need assessment and the potencial of problem solving, so needed the developing of mobile learning media in the mathematics especially in Logic Math subject in order to the students can do self-learning while they do practical work industries. The developing model that used is, ADDIE models, the research subject is Accounting class grade 11th in SMK PGRI 1 Tulungagung. The data will collect use interview, questioner, and the test.

The Qualitative and Quantitative data will analyze with the Guttman assesstment scale. And the researh result show the deserving of learning plan process (100%) that saying very well levels, the deserving of media (100%) very well, the deserving of guidebook (100%) saying well, and the interseting of media is very well (95,78%) from the students. Mobile learning was saying effective based on the comparing between the pre-test and the post-test experiment class, the average of pre-test is 47,33. And the average of post-test is 72,21. With all of that, can be concluded that the developing of mobile learning can increase the studying result of the Accounting Class grade 11th students in logic math in SMK PGRI 1 Tulungagung.

Keywords: Development, Mobile Learning, Studying result






Published
2020-01-15
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 17