Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Android Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam Untuk Kelas XI IPS SMA Antartika Sidoarjo

  • MOHAMMAD ALFIAN GHIFARI

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran Geografi bertujuan agar siswa mampu mengetahui gejala alam dan segala sesuatu yang terjadi dimuka bumi maupun didalam bumi. Dalam hal ini Multimedia Interaktif berbasis Android tentu menjadi media pembelajaran yang cocok untuk membantu siswa dalam belajar dan dalam keadaan darurat sekalipun, karena media ini menggunakan perangkat bergerak/mobile pada sistem operasi berbasis Linux dan disaikan melalui layar perangkat Smartphone/Tablet Android.

Dalam pelaksanaan penelitian peneliti menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall dalam Sugiono. Model ini terdiri dari 10 tahapan yakni (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Uji Coba Pemakaian, (6) Revisi Produk, (7) Uji Coba Produk, (8) Revisi Desain, (9) Revisi Produk, (10) Produksi Massal,. Model ini dipilih karena paling sesuai dan cocok digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan Multimedia Interaktif berbasis Android yang sedang dikembangkan oleh peneliti.

Pengumpulan data menggunakan instrumen data kuantitatif atau angket, kemudian dianalisis menggunakan rumus prosentase. Sedangkan data hasil tes untuk menguji kelayakan media dalam meningkatkan hasil belajar dihitung menggunakan rumus uji-t. Adapun dari hasil uji coba pada ahli materi mendapat hasil 100% dan uji coba pada ahli media sejumlah 100%. Hasil uji coba perorangan mendapatkan 96,29%, uji coba kelompok kecil mendapatkan 96,91%, sedangkan uji coba kelompok besar mendapatkan hasil 90,62%. Melalui perhitungan uji t diketahui hasil thitung sebesar 15,168. Selain itu, berdasarkan pengujian menggunakan taraf signifikan 5% db = 44 -1 = 43 diperoleh ttabel = 1,681. Jadi peneliti dapat menyimpulkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 15,168 > 1,681. Sehingga terjadi perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test dan dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif berbasis Android yang dikembangkan efektif untuk pembelajaran pada materi Mitigasi Bencana Alam.

Kata kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif berbasis Android, Pembelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam.

ABSTRACT

The purpose of learning Geography is to make the students able to know and understand about natural phenomenon and everything that happen outside and inside of the earth. On this situation Interactive-Android based Multimedia is the most capable media that can help the students to learning even if there’s emergency situation, because this media is using Linux based Operating System gadget that provide through the android smartphone or tablet screen.

In the research process, researcher use the Research and Development (R&D) research model according to Borg and Gall in Sugiono’s book. This model was chosen because it’s the most suitable to be used as a reference for developing Android-based Interactive Multimedia that is being developed by the researcher. The data collection using quantitive data instruments of questionaires, then analyzed using the precentage formula. While the test result data to test the appropriateness of the media in improving learning outcomes is calculated using the t-test formula. As for the results of trials on material expert got 100% results and trials on media experts were 100%. Individual trials get 96,29%, small group trials get 96,91%, while large group trials get 90,62% results. Through t-test calculation it is known that the result of t-count is 15,168. In addition, based on testing using a significant level of 5% db = 44 – 1 = 43 obtained table = 1,1681. So the researcher can conclude that t-count is greater than t-table which is 15,168>1,681. So there’s a significant difference between pre-test and it can be concluded that Android-Based Interactive Multimedia developed was effective for learning on Natural Disaster Mitigation material.

Keywords: Development, Interactive-Android based Multimedia, Learning Natural Disaster Mitigation.






Published
2020-01-16
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 15