PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI POKOK DEBAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X.MULTIMEDIA DI SMKN 1 DRIYOREJO.

  • FAHMI FIRDAUS

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI POKOK DEBAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X MULTIMEDIA DI SMKN 1 DRIYOREJO.

Fahmi Firdaus1 , Citra Fitri Kholidya2

(Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya)

fahmifirdaus@mhs.unesa.ac.id

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yakni, permasalahan pembelajaran yang terjadi dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan pokok bahasan debat kelas X Multimedia di SMKN 1 Driyorejo. Permasalahan yang terjadi adalah tidak adanya media pembelajaran pada materi ini, sedangkan dilihat dari karakteristik materi debat sendiri mengaharuskan adanya ilustrasi dalam bentuk media sebagai rangkaian penyampaian pesan terhadap peserta didik. Pada praktik di lapangan guru menjelaskan materi ini tanpa media pembelajaran. Penyampaian materi hanya dilakukan dengan penjelasan langsung dan pragaan sederhana.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah merancang dan membuat media pembelajaran dengan materi pokok debat yang memuat : tujuan, uraian materi, dan rangkuman yang disertai dengan bahan penyerta meliputi panduan untuk guru dan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah komparasi 2 variabel. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media (experimen) dan kelas yang tidak mengunakan media (kontrol).

Prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan langkah-langkah pengembangan R&D (Reaserch and Development) dengan 10 langkah pengembangan diantaranya : (1) Potensi Masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Uji Coba Pemakaian, (9) Revisi Uji Coba Produk, (10) Produksi Masal. Dalam pelaksanaan nya tahap pertama, penelitian ini melakukan proses validasi terhadap ahli rancangan desain pembelajaran, materi serta media pembelajaran, tahap kedua, dilakukan dengan uji coba coba satu satu, dan tahap ketiga uji coba pemakaian media terhadap 36 siswa kelas x Multimedia SMK N 1 Driyorejo.

Berdasarkan analisis dari 36 siswa peserta uji coba lapangan, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan diatas 70 sebanyak 36 siswa (100%). Untuk melihat efektifitas produk dilakukan dengan menggunakan uji t. Dari Hasil perhitungan t test yang sudah dilakukan didapat to (observasi) nilainya lebih besar dibandingkan tt (tabe l) Yakni , 2,00<12,8>2,65 . Maka dari itu hipotesa nihil yang menyatakan tidak ada nya perbedaan hasil belajar pada kedua kelas X multimedia yakni X Multimedia 1 dan X Multimedia 2 di SMKN 1 Driyorejo ditolak. Artinya, perbedaan mean tersebut adalah perbedaan yang signifikan. Pembelajaran bahasa indonesia materi debat dengan media pada kelas X Multimedia 1 SMKN 1 Driyorejo dalam hal ini jauh berbeda (jauh lebih baik). Jika dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media yakni kelas X Multimedia 2 SMK N 1 Driyorejo.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Video Pembelajaran, Materi Debat.

ABSTRACK

Problems in learning are not a rare case but, indeed, this is a problem that must be solved. A place for teachers to be creative and innovate in the learning process. The issues raised in this study are, the learning problems that occur in the learning process in Indonesian subjects with the subject of the Multimedia Class X debate in SMKN 1 Driyorejo. The problem that occurs is the absence of instructional media on this material, whereas judging by the characteristics of the debate material itself requires an illustration in the form of media as a series of messages to students. In practice in the field the teacher explains this material without learning media. Submission of material is only done with direct explanation and simple demonstration.

This research is a research development. The purpose of this study is to design and create learning media with the subject matter of the debate which includes: objectives, description of the material, and a suMultimediaary accompanied by accompanying materials including guidelines for teachers and students. This type of research is a comparison of 2 variables. The purpose of doing this is to find out the differences in learning outcomes between classes using media (experiment) and classes not using media (control).

The development procedure in this study uses the steps of developing R&D (Reserch and Development) with 10 development steps including: (1) Potential Problems, (2) Data collection, (3) Product Design, (4) Design Validation, (5) Revision Design, (6) Product Trial, (7) Product Revision, (8) Usage Trial, (9) Product Trial Revision, (10) Mass Production. In the implementation of the first stage, this research conducted a validation process for the learning design expert, learning materials and media, the second stage, conducted one-on-one trials, and the third stage of testing the use of media on 36 students of class X Multimedia SMKN 1 Driyorejo .

Based on the analysis of 36 students participating in the field trial, the number of students who achieved completeness above 70 was 36 students (100%). To see the effectiveness of the product is done by using t test. From the results of the calculation of t test that has been done, obtained t0 (observation), the value is greater than tt (ttabe l) Namely, 2.00 <12.8> 2.65. Therefore the null hypothesis which states there is no difference in learning outcomes in the two multimedia X classes namely X Multimedia 1 and X Multimedia 2 in SMK 1 Driyorejo was rejected. That is, the mean difference is a significant difference. Indonesian language learning material debate with the media in class X Multimedia 1 SMK 1 Driyorejo in this case far different (much better). When compared with classes that do not use media, namely class X Multimedia 2 SMK N 1 Driyorejo.

Keywords: Development, Learning Video Media, Debate Material.





Published
2020-01-20
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 312