PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MOBILE LEARNING MATERI TOOLS MODELING APLIKASI 3 DIMENSI MATA PELAJARAN ANIMASI 3 DIMENSI BAGI SISWA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA SMK INFORMATIKA “SUMBER ILMU” TULANGAN SIDOARJO

  • AMI YUNITA UTAMI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui kelayakan multimedia mobile learning materi tools modeling aplikasi 3 dimensi pada mata pelajaran animasi 3 dimensi bagi siswa kelas XI Jurusan Multimedia di SMK Informatika “Sumber Ilmu” Tulangan Sidoarjo. Mengetahui keefektifan multimedia mobile learning materi tools modeling aplikasi 3 dimensi mata pelajaran animasi 3 dimensi bagi siswa kelas XI Jurusan Multimedia di SMK Informatika “Sumber Ilmu” Tulangan Sidoarjo.

Berdasarkan studi awal yang dilaksanakan, diperoleh hasil analisis permasalahan berikut: guru yang mengajar masih menggunakan model konvensional, kurangnya pemanfaatan terhadap media yang ada, sedangkan untuk indikator yang harus dicapai ialah memahami bentuk model animasi 3 dimensi. Prosedur yang digunakan ialah pengembangan model ADDIE, meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi.

Tahap validasi produk ditujukan kepada ahli desain pembelajaran, ahli materi, ahli media dengan penyajian data berupa masukan dan saran, instrumen berupa wawancara terstruktur format checklist. Kemudian untuk uji coba produk ditujukan pada perorangan (3 orang), kelompok kecil (6 orang) berupa instrumen angket peserta didik format checklist. Untuk tahap uji coba lapangan dilakukan pada 30 peserta didik pada kelas eksperimen, pengumpulan data melalui instrumen angket peserta didik dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada instrumen wawancara dan angket ialah analisis isi dan hasil. Sedangkan untuk instrumen tes menggunakan analisis hasil tes.

Berdasarkan hasil lapangan yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, untuk uji kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran (80%). Untuk uji kelayakan materi tools modeling aplikasi 3 dimensi (97%). Uji kelayakan multimedia mobile learning (98,75%). Uji kelayakan bahan penyerta media (100%), sehingga media mobile learning dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran, karena hasil perolehan validasi media termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Sedangkan untuk hasil analisis data uji t, dapat disimpulkan bahwa hasil rata-rata uji coba pretest 52 dan setelah diberi perlakuan hasil uji coba posttest menjadi 84,67 pada kelas eksperimen. Melalui perhitungan uji t dengan memperoleh hasil nilai thitung = 5,105, sehingga thitung > ttabel = 5,105>2,045 dengan taraf signifikansi 5%. Dapat simpulkan bahwa pengembangan multimedia mobile learning materi tools modeling aplikasi 3 dimensi bagi siswa kelas XI Jurusan Multimedia SMK Informatika “Sumber Ilmu” Tulangan Sidoarjo, menunjukkan perbedaan yang signifikansi dan dilihat dari rata-rata hasil posttest yang telah memenuhi standar lebih dari 75% dari peserta didik secara keseluruhan, sehingga dapat dikatakan efektif dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Mobile Learning, Hasil Belajar, Tools Modeling Aplikasi 3 Dimensi







Published
2020-01-21
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 83