PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA KELAS X DI SMA SEJAHTERA SURABAYA

  • FINA RACHMATINA

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Multimedia Interaktif yang layak dan efektif dalam pembelajaran IPA materi Archaebacteria dan Eubacteria kelas X di SMA Sejahtera Surabaya. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada uji kelayakan, teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, peserta didik yang terdiri dari uji coba perorangan sebanyak 3 peserta didik, uji coba kelompok kecil sebanyak 9 peserta didik, uji coba kelompok besar sebanyak 32 peserta didik.

Pada uji keefektifan Multimedia Interaktif, tes digunakan untuk mengukurnya. Uji efektifitas diuji dengan melakukan pre test dan post test. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data angket dengan menggunakan rumus persentase dan teknik analisis data tes menggunakan rumus uji t.

Berdasar hasil penghitungan dari analisis data, diperoleh hasil uji kelayakan dari 2 ahli materi sebesar sebesar 95,83%, 2 ahli media 100%, uji coba perorangan 98,04%, uji coba kelompok kecil 95,42%, dan uji coba kelompok besar 98,71%. Dari persentase tersebut, dapat disimpulkan bahwa media termasuk dalam kriteria “Baik sekali” dan Multimedia Interaktif pada mata pelajaran IPA materi pokok Archaebacteria dan Eubacteria kelas X IPA di SMA Sejahtera Surabaya layak digunakan untuk pembelajaran.

Hasil analisis tes, Pre test dan post test dilakukan terhadap kelompok kontrol dan eksperimen dengan menggunakan analisis data uji t. Hasil dari tes kelompok kontrol dan eksperimen diperoleh hasil thitung 8,59. Hasil tersebut dibandingkan dengan ttabel (terdapat dalam lampiran), dengan db N1+N2-2=61. Jika db 61 dan taraf signifikan 5%, maka diperoleh ttabel 1,671. Karena thitung lebih besar dari ttabel (8,59>1,671), maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen, yang artinya Multimedia Interaktif pada mata pelajaran IPA materi pokok Archaebacteria dan Eubacteria kelas X IPA di SMA Sejahtera Surabaya efektif digunakan untuk pembelajaran. Berdasar penelitian yang telah dilakukan maka Multimedia Interaktif pada materi pokok Archaebacteria dan Eubacteria layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran kelas X IPA di SMA Sejahtera Surabaya.

Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Archaebacteria dan Eubacteria

Abstract

This development is purposing to produce Multimedia Interaktif appropriately and effectively in the learning material science subjects about Archaebacteria dan Eubacteria for X grade students at the Senior High School Sejahtera Surabaya. This development model that used is ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). On the feasibility test, analyze data technique used questioner given to two expert of material, two expert of media, individual trials which consist of 3 students, small group trials which consist of 9 students, and field trials which consist of 32 students.

The effectiveness of interactive multimedia, used test for measure it. Effectiveness testing with doing pre test and post test. Analysis data technique use is analysis data quetioner with use formula percentage and analysis data test used t test.

Result of data analysis, was obtained 95,83% from two expert of material, from two expert of media 100%, individual trials 98,04%, ang field trials 98,71%. While the result of all trials show that interactive multimedia is worthy to use for learning in the learning material science subjects about Archaebacteria and Eubacteria for X grade students at the Senior High School Sejahtera Surabaya.

This analysis data technique used to show significance differentiate in control group and experiment group. The test result of control group and experiment class was obtained thitung 8,59. And then consulted by ttabel with db N1-N2-2=61 and significance level 5%, then obtained ttabel 1,671. Because thitung is greater than ttabel (8,59>1,671), that result of test is there are many significance difference in control group and experiment group. The meaning of that, interactive multimedia in the learning material science subjects about Archaebacteria and Eubacteria for X grade students at the Senior High School Sejahtera Surabaya is effective for learning process.

Keywords: Development, Interactive Multimedia, Archaebacteria and Eubacteria.

Published
2020-01-24
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 54