PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS CERITA SEJARAH BAGI PESERTA DIDIK PAKET C DI PKBM AZ-ZAHRA BALAS KLUMPRIK SURABAYA

  • ANGGRAENI PUTRI PERTIWI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media ­e-modul mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks cerita sejarah dengan kategori layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R n D) dengan model pengembangan ADDIE (Anlysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Pengembangan media e-modul dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik Paket C di PKBM Az-Zahra Balas Klumprik Surabaya. Media ­e-modul dipergunakan pada smartphone berbasis android. E-modul ini dirancang secara interaktif, komunikatif dan menarik dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami peserta didik. Dilengkapi dengan bahan penyerta sebagai pedoman untuk mempermudah peserta didik. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest one group design dengan metode quasi eksperimen. Peserta didik diberikan angket motivasi sebelum dan sesudah perlakuan media e-modul. Angket motivasi yang digunakan diadaptasi dari Vallerand et al (1992) yang disebut Academic Motivation Scale (AMS). Adapun peserta didik yang digunakan sebanyak 20 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yakni melalui, wawancara terstruktur, dan angket tertutup yang melibatkan ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan ahli media. Sedangkan teknik analisis data kelayakan media menggunakan rumus presentase dari arikunto. Hasil analisis data dari ahli materi dan ahli media dideskripsikan berdasarkan saran dan masukan pada materi dan media sementara hasil analisis uji coba perorangan mendapat persentase sebesar 91,67%, uji kelompok kecil 96,25%, dan uji lapangan (kelompok besar) 98,44%. Sedangkan untuk uji keefektifan pengaruh media e-modul terhadap motivasi belajar peserta didik yakni melalui pretest-posttest AMS dihitung menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 26,67 > 1,729. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media E-Modul ini dikategorikan layak dan efektif.

Kata Kunci : E-Modul, Academic Motivation Scale (AMS), Teks Cerita Sejarah, Paket

C PKBM Az-Zahra.

Published
2020-01-27
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 309