PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI UNSUR TATA LETAK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS UNTUK KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SIDOARJO

  • PUTRI ARDIKA YANTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning berbasis aplikasi android yang layak dan efektif pada materi unsur tata letak mata pelajaran dasar desain grafis untuk kelas X jurusan Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) oleh Branch. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan tes. Instrumen angket terbuka digunakan untuk validasi ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan ahli media. Kemudian tes dan angket tertutup digunakan untuk kelas X jurusan multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo.

Berdasarkan analisis data angket dengan menggunakan teknis analisis data P=f/Nx100, hasil uji kelayakan mobile learning pada ahli desain pembelajaran, dan ahli materi mendapat presentase 100%, sedangkan ahli media mendapatkan presentase 92,86%. Untuk uji coba perorangan mendapatkan presentase 95,24%, uji coba kelompok kecil 93,62%, dan uji coba kelompok besar 90,84%. Dari presentase hasil tersebut mobile learning termasuk kategori “Baik Sekali”, dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kemudian untuk analisis data tes, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest sebelum menggunakan media dan posttest setelah menggunakan media. Berdasarkan hasil dari Uji T dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 11,598 > 2,069. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mobile learning berbasis aplikasi android efektif untuk digunakan pada materi unsur tata letak mata pelajaran dasar desain grafis untuk kelas X jurusan Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo.

Kata Kunci : Pengembangan, Mobile Learning, Unsur Tata Letak, Dasar Desain Grafis.

Abstract

The research to develop appropriate and effective mobile learning based on android application in the material elements of the layout of basic graphic design for X Multimedia class in SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. The development model that used is ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) by Branch. Data collection that used were questionnaires and test. The questionnaires instrument was used to validate instructional design expert, material expert, and media expert. Then the questionnaire and test are used to students of X Multimedia class in SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo.

Based on data analysis questionnaires with make technic data analysis P=f/Nx100, the result of feasibility mobile learning based on android application of the instructional design expert, material expert get a percentage of 100%, as for media expert of 92,86%. Individual test get a percentage 95,24%, small group 93,62%, and large group 90,84%. From of the percentage of such result of mobile learning belongs to the category “Very Good”, and feasible to use in learning. And then on data analysis test, there are significant differences between the result of the prestest before using the media and the posttest after using the media. Based on used t test with a significant level of 5% that tcount is higher ttabel which is 11,598 > 2,069. It can be concluded that the use of mobile learning based on android application effective to use in the material elements of the layout of basic graphic design for X Multimedia class in SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo.

Keywords : Development, Mobile Learning, Material Elements of The Layout, Basic Graphic Design.
Published
2020-01-27
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 110