PENGEMBANGAN M-LEARNING MATERI PENANGGALAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA MANDARIN UNTUK SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TAMAN SIDOARJO

  • IRFAN FADHIL RABBANIY

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran mobile learning materi penanggalan pada mata pelajaran bahasa mandarin untuk siswa kelas X jurusan teknik komputer dan jaringan di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo, selanjutnya media tersebut diukur untuk mengetahui kelayakan dan keefektifannya. Model pengembangan yang digunakan adalah metode Research & Design (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket, wawancara, dan tes. Analisis data kelayakan media menggunakan adalah teknik penilaian Guttman. Desain uji coba yang digunakan adalah “pre-test post-test”. Uji keefektifan media, menggunakan rumus Uji t. Dari ahli desain pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mendapat persentase 100% (Sangat Baik). Dari ahli materi mendapatkan penilaian sebesar 92,2%, (Sangat Baik). Dari ahli media mendapatkan presentase sebesar 92,3% (Sangat Baik) untuk media pembelajaran dan 100% (Sangat Baik) untuk bahan penyerta. Uji coba perorangan (3 orang), mendapatkan persentase sebesar 90% (Sangat Baik). Uji coba kelompok kecil (9 orang) mendapatkan persentase sebesar 94,4% (Sangat Baik). Dan dalam uji coba kelompok besar (26 orang) mendapatkan persentase sebesar 98,9% (Sangat Baik). Hasil uji keefektifan menggunakan Uji t, dengan taraf signifikansi sebesar 5%, dan df 25, diketahui t tabel sebesar 2,060 dan t hitung dari media sebesar 6,384. Dengan demikian, maka media m-learning ini dapat dikatakan layak dikarenakan mendapatkan predikat “Sangat Baik” dari para ahli dan para responden dalam serangkaian uji coba. Media m-learning juga dikatakan efektif dikarenakan t hitung > t tabel, 6,384 > 2,060.Kata Kunci: Pengembangan, Mobile Learning, Materi Penanggalan Bahasa Mandarin
.The purpose of this development is, to produce a learning media m-learning about the date system in mandarin language for the Computer and Network Engineering grade 10th SMK Muhammadiyah `1 Taman Sidoarjo. The development model that used is Research and Design (R&D) models. The collecting data technique that used is, questionnaire, interview, and test. The analyze data technique that used is Guttman assessment. Trial design that used is “Pre-test Post-test” design. And for the effectiveness of media, the analyzed technique that used is t test. The assessment that gave for Learning Plan Process 100% (Very Good). From the 2 (two) material experts is 92,2%, (Very Good). From the media expert is, 92,3% for learning media and 100% for guide books, it means “Very Good” for both of it. In individually test, 3 students gave 90% (Very Good). In small group test, 9 students gave 94,4% (Very Good). And for the big group test (usage), 26 students gave 98,9%, “Very Good” too. And for the effectiveness, the technique that used is T test, it shows that the mobile learning is effective. In the data analyze, t count of the media is bigger than t tabel. T count of the media is 6,384, with 5% significance level and df 25, it means t tabel is 2,060. So, Tcount > Ttabel, 6,384 > 2,060.
Keywords: The Development, mobile learning, Mandarin Language date system material


Published
2020-01-27
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 17