PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MATERI PERKENALAN DIRI MATA PELAJARAN BAHASA MANDARIN KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 TAMAN, SIDOARJO

  • MUHAMMAD RASYADAN RIZWANDA FAJRI TSANY

Abstract

ABSTRAKPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa mobile learning berbasis android yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Mandarin materi Perkenalan Diri untuk peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 1 Taman, Sidoarjo. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah wawancara dari 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi, serta angket uji coba bagi peserta didik untuk mengetahui kelayakan media. Dan menggunakan tes, serta jenis desain uji coba yang digunakan adalah One Group Pre test-Post test Design untuk menganalisis hasil keefektifan media yang digunakan, dan menggunakan uji prasyarat berupa uji homogenitas dan uji normalitas, dan dianalisis menggunakan Uji t. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 3 peserta didik untuk uji coba perseorangan, 6 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil, dan 25 peserta didik untuk uji coba kelompok besar. Berdasarkan uji kelayakan yang telah dilakukan, hasil dari ahli materi memperoleh presentase sebesar 100%, sedangkan perhitungan ahli media memperoleh presentase sebesar 90%. Untuk uji coba peserta didik memperoleh presentase sebesar 91,11% untuk uji coba perseorangan, uji coba kelompok kecil mendapat 96,667%, dan uji coba lapangan/kelompok besar mendapatkan presentase sebesar 97,11%. Dari presentase hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media termasuk dalam kriteria "Baik Sekali”, dan layak digunakan dalam pembelajaran. Untuk hasil analisis tes, terdapat perbedaan yang siginifikan antara hasil pre test sebelum menggunakan mobile learning dan post test setelah menggunakan mobile learning. Hasil tersebut berdasarkan hasil Ujit bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 11,15 > 1,711. Dapat disimpulkan bahwa mobile learning berbasis aplikasi android efektif digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Mandarin materi Perkenalan Diri kelas X SMK Muhammadiyah 1 Taman, Sidoarjo.Kata kunci : Pengembangan, Mobile Learning, Bahasa Mandarin.

ABSTRACTThis development research is purposing to produce the learning media like as mobile learning based on android appropriately and effectively for Mandarin Language learning process, especially in self-intoducing material at the grade 10th of Vocational High School Muhamadiyah 1 Taman, Sidoarjo. The Development model that used is ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The Instrument that used to collect the data is, interviewing 2 media experts, 2 material experts, and trial on the students to know appropriate of the learning media. Moreover, using the test and the trial design that used is "One Grup Pre-test Post-test" design to analyze the end of media effectiveness. After that, using the prerequisite test like homogenity test, normality test, and analyzed in t-test. The subjects of this research is, 3 students for the individually test, 6 students for the small group test, and 25 students for the big group test. Based on the appropriately test, the result from the subject experts is 100%, and from media experts is 90%. For the students trial test, 91,11% for the one to one trial, 96,67% for the small group trial, and 97,11% for the field trial. Based on all of that percentage, can conclude that the learning media get the “Very Good" category and appropriate to use in the learning activity. For the analyze test, there is different significantly between the pre-test result before using the mobile learning and post-test after using the mobile learning. Based on t-test, t count is bigger than t tabel, at 11,15 > 1,711. It can conclude that mobile learning based on android is effective to use in the Mandarin Language learning activity, especially in the self-introducing material for the grade 10th in SMK Muhammadiyah 1 Taman SidoarjoKeyword : Development, Mobile Learning, Mandarin language
Published
2020-02-24
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 84