PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI DINAMIKA ROTASI PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 11 SURABAYA

  • ANINDA MERY OCA SANDI

Abstract

Adapun masalah yang dihadapi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya adalah dari sisi media pembelajaran yang masih menggunakan power point dengan minimnya simulasi materi pembelajaran. Dan dari sisi karakteristik materi pembelajaran, materi dinamika rotasi merupakan materi yang bersifat konseptual dan memiliki beberapa sub materi yang saling berkesinambungan. Serta dewasa ini, penggunaan smartphone boleh digunakan di sekolah, oleh sebab itu berdasarkan analisis kebutuhan dan potensi pemecahan masalah, maka dibutuhkan pengembangan media E-Modul pada materi dinamika rotasi mata pelajaran fisika agar peserta didik dapat termotivasi untuk belajar secara mandiri dimanapun dan kapanmu melalui smartphone mereka.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk E-Modul pada materi dinamika rotasi mata pelajaran fisika dan mengetahui kelayakan serta keefektifan dari media E-Modul terhadap hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) dengan subjek penelitian kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket dan tes, dengan analisis data yang digunakan untuk angket adalah rumus presentase dan untuk analisis data yang digunakan untuk tes adalah rumus uji t.

Hasil analisis data pengembangan E-Modul materi dinamika rotasi mata pelajaran fisika kelas XI didukung data (ahli desain pembelajaran = 83,52% “sangat baik, ahli materi = 100% “sangat baik”, ahli media = 100% “sangat baik”, ahli bahan penyerta = 100% “sangat baik”, serta data uji coba perorangan = 97,22% “sangat baik”, uji coba kelompok kecil = 96,29% “sangat baik”, uji coba pemakaian = 88,57% “sangat baik”), menunjukkan bahwa layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Diperkuat dengan hasil uji keefektifitasan media E-Modul yaitu data pre test – post test kelas kontrol dan kelas eksperimen (thitung = 4,55) dengan taraf signifikan 5% (db = 68, ttabel = 1,99547). Sehingga nilai thitung lebih besar dari ttabel maka media E-Modul materi dinamika rotasi dinyatakan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan, E-Modul , ADDIE, Dinamika Rotasi

The problem faced by students of class XI SMA Negeri 11 Surabaya is from the media of learning that still use power point with lack of simulation of learning materials. And in terms of the characteristic learning material, rotational dynamics material is conceptual and has several sub-materials that are mutually sustainable. As well as today, smartphone use can be used in schools, therefore based on needs analysis and problem solving potential, it requires the development of the E-Module media on the rotation dynamics of the physical subjects to Learners can be motivated to study independently wherever and when you are on their smartphones.

The purpose of this development research is to produce E-module products on the rotation dynamics of physical subjects and know the feasibility and effectiveness of the E-module media to the outcomes of student learning. The model of development used is ADDIEs model with the subject of research class XI SMA Negeri 11 Surabaya. Data were collected using a questionnaire and test technique, the data analysis used for the questionnaire was the percentage formula and for the analysis of the data used for the test was the t-test formula

Analysis results of the development data E-Module material rotation dynamics of class XI physics supported data (Learning design expert = 83.52% "Very good, material experts = 100%" Very good ", media experts = 100%" excellent ", the expert of the presenter = 100%" Very good ", as well as individual test data = 97.22%" excellent ", small group trials = 96.29%" Very good ", the usage test = 88.57%" very good "), indicating that it is worth using for learning activities. Reinforced by the results of the effectiveness of E-Module media, namely data pre test - post test control class and experimental class (Tcount = 4.55) with a significant level of 5% (db = 68, ttable = 1.99547). So the value of Tcount is greater than ttable , so the E-Module rotational dynamics materials are stated to be effectively used in learning activities.

Keywords : Developing, E-Module, ADDIE, Rotational Dynamics

Published
2020-02-24
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 122