PENGARUH PENERAPAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI PENDEKATAN PROSES PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK PAWIYATAN SURABAYA

  • NUR FATHATUR ROHMA
  • ALIM SUMARNO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi contextual teaching and learning (CTL) melalui pendekatan proses terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMK Pawiyatan pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital materi pokok fitur-fitur perangkat lunak pengolah slide. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah dengan observasi dan wawancara guru mata pelajaran, 2 orang ahli materi, serta angket tes pada peserta didik. Penelitian ini, memiliki langkah – langkah yang melibatkan partisipasi peserta didik dalam proses pelaksanaan pembelajaran penerapan strategi CTL melalui pendekatan proses yaitu uji pre-test dan uji pos-test. Pelaksanaan tersebut dilakukan pada kelas eksperimen X OTKP 1 OTKP 2 dan kelas kontrol X MM. Adapun hasil observasi yang telah dianalisis menunjukkan adanya kesepakatan terhadap guru pada kelas eksperimen1 mendapatkan rerata 94,64% dengan kriteria sangat baik, pada kelas eksperimen2 mendapatkan rerata 98,2% dengan kriteria sangat baik, dan pada kelas kontrol mendapatkan rerata 97,5% dengan kriteria sangat baik. Serta hasil observasi terhadap peserta didik kelas eskperimen1 dengan rerata 95,32%, kelas eksperimen2 dengan rerata 96,09% dan kelas kontrol 95%. Dari presentase tersebut dapat disimpulkan termasuk dalam kriteria yang sangat baik. Untuk menguji hasil penelitian dilakukan dengan teknik analisis data menggunakan Uji t, Berdasarkan hasil analisis dan penyajian data menunjukkan bahwa kelompok eksperimen dengan menerapkan strategi CTL berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Uji t antara kelompok eksperimen1 dengan kelompok kontrol menunjukkan hasil signifikansi 5% diperoleh rtabel 1,98 < rhitung 6,023 dan kelas eksperimen2 dengan kelompom kontrol menunjukkan hasil signifikansi 5% diperoleh rtabel 1,98 < rhitung 5,242. Dikarenakan t hitungnya lebih besar dari pada t tabel, sehingga dapat disimpulkan strategi contextual teaching and learning melalui pendekatan proses mata pelajaran simulasi dan komuniasi digital materi pokok fitur-fitur perangkat lunak pengolah slide berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMK Pawiyatan Surabaya.
Kata Kunci: Pengaruh, contextual teaching and learning, fitur-fitur perangkat lunak pengolah slide, hasil belajar
Published
2020-03-27
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 32