Pengembangan Media CAI (Computer Assisted Instruction) Materi Pola Bilangan pada Kelas VIII Madarasah Tsanawiyah Yayasan Kebangkitan Umat Islam Maskumambang Dukun Gresik

  • NOFI HARDIYANTI
  • HARI SUGIHARTO SETYAEDHI

Abstract

Dalam penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media Computer Assisted Instruction yang layak dan efektif untuk digunakan pada materi Pola Bilangan mata pelajaran Matematika kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Yayasan Kebangkitan Umat Islam Maskumambang Dukun Gresik. Media Computer Assisted Instruction dikemas dalam bentuk flashdisk dengan format apk, media ini disertai dengan bahan penyerta, RPP, dan silabus pembelajaran Pola Bilangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas Analyse, Desaign, Development, Implementation, Evaluation. Dalam memperoleh data untuk kelayakan media, penelitian ini menggunakan instrumen wawancara kepada 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 1 orang ahli Desain Pembelajaran dan untuk suji coba media digunakan Instrumen angket. Dalam penelitian ini peneliti menggunkan 3 peserta didik untuk uji coba perseorangan, 10 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil dan 20 peserta didik untuk uji coba kelompok besar, serta pretset dan posttest yang digunakan untuk menguji keefektifan media dalam pembelajaran. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan diperoleh presentase sebanyak 100% kelayakan ahli materi, dari ahli media diperoleh presentase sebanyak 100%, 97,94% dari uji coba perseorangan, 93,75% diperoleh dari presentase uji coba kelompok kecil dan 90% diperoleh dari presentase uji coba kelompok besar, dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa media CAI (Computer Assisted Instruction) materi pola bilangan pada mata pelajaran matermatika layak digunakan. Dari hasil analisis data test yang diperoleh dari pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan antar keduanya. Pretest diberikan pada peserta didik sebelum menggunakan media dan posttest diberikan setelah menggunakan media. Dalam menghitung hasil pretest dan posttest digunakan rumus uji t yang memperoleh thitung sebesar 4,438 > ttabel 1,729 maka dapat disimpulkan bahwa media CAI (Computer Assisted Instruction) materi pola bilangan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTs YKUI Maskumambang.

Kata Kunci : Pengembangan, Computer Assisted Instruction, Matematika



Published
2020-04-30
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 17