PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC MATERI BENTUK-BENTUK KERJASAMA ASEAN PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS VIII DI SMPN 24 SURABAYA

  • ANUGRAH BUDI SATRIA MAHARDIKA
  • MUSTAJI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Animasi Motion graphic yang layak dan efektif pada materi bentuk-bentuk kerjasama ASEAN. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D dari Borg and Gall (Sugiyono, 2018). Model pengembangan R&D memiliki 10 tahapan (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draft produk awal (4) uji coba lapangan (5) revisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan utama (7) revisi produk (8) uji coba lapangan skala luas (9) revisi produk final (10) produksi masal. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara terstruktur,angket dan tes tulis kemudian data dianalisis menggunakan skala likert untuk mengukur persentase instrumen wawancara dan angket sedangkan tes tulis dianalisis menggunakan uji homogenitas, uji normalitas dan uji t. Animasi motion graphic ini di uji menggunakan bentuk pretest-postest Control Group Design. Hasil analisis validasi ahli materi I dan II mendapat persentase sebesar 83,3% dan 85,4% dan ahli media I, II, III mendapat persentase sebesar 100%, 89,6% dan 85,4%, uji perorangan mendapat persentase sebesar 86,7%, uji kelompok kecil mendapat persentase sebesar 82,9%, dan uji kelompok besar mendapat persentase sebesar 86,9%. Dari hasil analisa data yang diperoleh, media animasi motion graphic materi bentuk-bentuk kerjasama ASEAN kelas VIII SMPN 24 Surabaya dapat dikatakan layak untuk digunakan. Hasil uji t setelah melakukan pre-test dan post-test memperoleh thitung sebesar 3,04 kemudian dibandingkan dengan ttabel taraf signifikan 5% dan db 80-1, sehingga diperoleh ttabel 1,99045. Maka penggunaan media animasi motion graphic dapat dikatakan sudah efektif.

Kata kunci: Animasi motion graphic, Bentuk-bentuk kerjasama ASEAN

Published
2020-05-11
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 92