PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA

  • DYAH FEBRIYANTI LESTARI
  • KHUSNUL KHOTIMAH

Abstract

ABSTRAKPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA
Abstrak

Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa dan tujuan penelitian mata pelajaran IPA ini agar siswa memperoleh pengalaman dalam menerapkan metode ilmiah melalui eksperimen sendiri. dan dapat mengembangkan siswa dengan cara menemukan sendiri. materi pembelajaran Objek IPA dan pengamatannya adalah salah satu materi yang diajarkan di SMP. Penelitian ini menggunakan True Experimen Design dengan model Control Group Pre test dan Post test dengan kelompok pembanding antara kelompok diberi perlakuan sama yang tidak diberi perlakuan menggunakan analisis uji One-Way Anava. Dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dengan membandingkan antara nilai pretest dan posttest pada seluruh sampel antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Mengetahui peningkatan dan membandingkan pretest dan posttest apakah ada atau tidaknya setelah pemberian perlakuan dari hasil perhitungan setelah perlakuan setiap sampel,Fhit= 19,5 hasil tersebut dikonsultasikan dengan Ftabel= 3,04 karena harga Fhit lebih besar dari pada harga Ftabel (19,5>3,04) dapat diketahui homogen. Sampel penelitian meliputi kelas VII A sebagai validasi,kelas VII B sebagai kelas Kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung sedangkan kelas VII C dan D sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam kelas eksperimen pada penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: Penerapan, Model pembelajaran inkuiri, Hasil Belajar

Abstract

The purpose of this study is to determine the significant effect of the application of inquiry learning models on student learning outcomes and the purpose of this science subject research so that students gain experience in applying scientific methods through their own experiments. and can develop students by discovering themselves. Science object learning materials and observations are one of the materials taught in junior high school. This study uses True Experiment Design with Control Group Pre test and Post test models with a comparison group between groups given the same treatment that was not treated using the One-Way Anava test analysis. Done to determine the ability of students by comparing the pretest and posttest scores in all samples between the control class and the experimental class.

Knowing the increase and comparing the pretest and posttest whether or not after giving treatment from the calculation results after the treatment of each sample, Fhit = 19.5 the results were consulted with Ftable = 3.04 because the Fhit price is greater than the Ftable price (19.5> 3.04) can be known to be homogeneous. The sample of the study included class VII A as validation, class VII B as a Control class taught by direct learning models while classes VII C and D as experimental classes taught by inquiry learning models. The instruments used in this study were learning outcomes tests and observation sheets.

The results showed that there was a significant influence in the experimental class on the application of inquiry learning models to student learning outcomes.

Keywords: Implementation, Inquiry learning model, Learning Outcome


Published
2020-05-17
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 12