PENGEMBANGAN MEDIA MODUL ELEKTRONIK MATERI SISTEM DAN DINAMIKA DEMOKRASI PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI DI SMK PGRI 7 SURABAYA

  • SITI ARDAYANTI
  • RUSIJONO

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengetahui: (1) kelayakan media modul elektronik materi Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan Kewaranegaraan kelas XI di SMK PGRI 7 Surabaya dan (2) hasil belajar setelah menggunakan media modul elektronik materi Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan Kewaranegaraan kelas XI di SMK PGRI 7 Surabaya.

Model penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan yaitu model ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahapan yaitu analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), imeplementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Setiap tahapan dalam model ADDIE dilakukan untuk mengembangkan media modul elektronik. Variabel yang dikaji ada dua yaitu media modul elektronik dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini yaitu angket dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus PSA, PSP dan Mann-Whitney U Test.

Hasil uji validasi desain pembelajaran yaitu 86,67%, uji validasi materi 1 dan 2 yaitu yaitu 82,67 dan 91,34%, uji validasi media 1 dan 2 yaitu 86,66% dan 80%, sedangkan hasil uji perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar yaitu 88,81%, 88,22%, dan 89,42%. Hasil uji validasi tersebut masuk dalam kategori sangat baik sekali yang rentang nilainya 80%-100%, sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan media modul elektronik layak digunakan. Hasil analisis data kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan Uhitung = 106 < Utabel = 144, sedangkan perhitungan rata-rata beda kelompok eksperimen yaitu 19,25 lebih tinggi daripada rata-rata beda kelompok kontrol yaitu 8,5. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar kelompok yang menggunakan media modul elektronik lebih meningkat daripada kelompok yang tidak menggunakan media modul elektronik, sehingga media modul elektronik efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewaranegaraan kelas XI di SMK PGRI 7 Surabaya.

Kata kunci: pengembangan, modul elektronik, hasil belajar
Published
2020-05-18
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 118