Pengembangan Buku Interaktif Operasi Hitung Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus Slow Learner Kelas 3 di SDN Ketintang 2 Surabaya

  • ISTI AMALIA WAHYUNINGTYAS
  • FAJAR ARIANTO

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu 1 untuk mengembangkan buku interaktif yang layak pada Materi pecahan dasar Mata Pelajaran Matematika di SDN Ketintang 2 Surabaya 2 untuk mengetahui tingkat keefektifan buku interaktif pada Materi pecahan dasar Mata Pelajaran Matematika di SDN Ketintang 2 Surabaya

Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D dari Thiagarajan dengan 4 tahapan yaitu Define Design Develop Disseminate yang dimana penelitian ini hanya sampai pada tahap 3 yaitu Develop Pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara angket dan tes untuk mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat keefektifan buku interaktif yang dikembangkan pada pembelajaran terkait Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif Teknik wawancara dan angket digunakan untuk memperoleh data kualitatif tentang kelayakan buku interaktif sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang hasil belajar siswa Slow Learner kelas III SDN Ketintang 2 Surabaya Teknik analisis data pada penelitian pengembangan ini menggunakan NonParametric dengan uji Willcoxon

Berdasarkan analisis data hasil uji kelayakan buku interaktif pada ahli materi I dan II ahli media I serta uji coba yang diterapkan pada peserta didik dapat dikategorikan sangat baik Sehingga disimpulkan bahwa buku interaktif pada Materi Pecahan Dasar pada mata pelajaran Matematika telah layak untuk digunakan siswa Slow Learner dalam proses pembelajaran di SDN Ketintang 2 Surabaya

Selanjutnya hasil analisis Uji Willcoxon yang membandingkan dari hasil nilai pretest dan posttest yang dilakukan pada siswa Slow Learner kelas III SDN Ketintang 2 Surabaya didapatkan Zhitung 2 36 lebih besar dari Ztabel 1 96 dengan krisis 5 persen dan n sama dengan 7 maka Zhitung 3 36 lebih besar dari tabel 1 96 Sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku interaktif operasi hitung pada Materi Pecahan Dasar Mata Pelajaran Matematika telah efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran di SDN Ketintang 2 Surabaya

Kata Kunci Pengembangan Buku Interaktif Pecahan Dasar Matematika Slow Learner

Published
2020-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 119