Pengembangan Media E-Modul Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Kimia Unsur Kelas XII di SMA PGRI 1 Jombang

  • FENDI RAHMAN ROMANDHONI
  • HARI SUGIHARTO SETYAEDHI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran e-modul yang layak dan efektif pada materi kimia unsur mata pelajaran kimia. Penelitian ini menggunakan R&D dari Borg and Gall. Model pengembangan R&D memiliki 10 tahapan (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draft produk awal (4) uji coba lapangan (5) revisi hasil uji coba (6) uji lapangan utama (7) revisi produk (8) uji coba lapangan skala luas (9) revisi produk final (10) produksi masal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data dan menggunakan instrumen wawancara terstruktur, angket dan tes tulis kemudian data dianlisis menggunakan skala likert untuk mengukur persentase instrumen wawancara dan angket sedangkan tes tulis dianalisis menggunakan uji homogenitas, uji normalitas dan uji t. e- modul ini di uji menggunakan bentuk pretest-postest One Group Design. Hasil analisis validasi ahli materi I dan II mendapat persentase sebesar 83,3% dan 85,4% dan ahli media I & II mendapat persentase sebesar 89,6% dan 85,4%, uji perorangan mendapat persentase sebesar 86,7%, uji kelompok kecil mendapat persentase sebesar 82,9%, dan uji kelompok besar mendapat persentase sebesar 86,9%. Dari hasil analisa data yang diperoleh, media e-modul materi kimia unsur kelas XII SMA PGRI 1 Jombang dapat dikatakan layak untuk digunakan. Hasil uji t setelah melakukan pre-test dan post-test memperoleh thitung sebesar 28,1 kemudian dibandingkan dengan ttabel taraf signifikan 5% dan db 34-1, sehingga diperoleh ttabel 2,032. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media e-modul dapat dikatakan sudah efektif.

Published
2020-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 113