Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Rectifier untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Jurusan TAV di SMK KAL 1 Surabaya

  • HAFIZH MOHAMMAD SHIDIQ
  • RUSIJONO

Abstract

Penelitian ini mengangkat video pembelajaran sebagai produk yang dikembangkan sebab didasari dari hasil studi pendahuluan serta wawancara dengan guru mata pelajaran. Materi pokok rectifier dipilih sebab dalam implementasinya, sebagian besar peserta didik belum memahami materi ditunjukkan dari hasil belajar yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum(KKM) serta masih banyak produk power supply yang dirangkai peserta didik belum berfungsi sebagaimana mestinya. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan media video pembelajaran yang layak pada materi rectifier mata pelajaran dasar listrik dan elektronika untuk peserta didik kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Khusus Angkatan Laut I Surabaya, dan (2) Menghasilkan media video pembelajaran yang efektif pada materi rectifier mata pelajaran dasar listrik dan elektronika untuk peserta didik kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Khusus Angkatan Laut I Surabaya. Penelitian ini menerapkan metode penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental design. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, dan tes. Analisis data angket dan wawancara diolah menggunakan pengukuran skala Guttman, sedangkan analisis data tes diolah menggunakan teknik Mann-Whitney U Test. Hasil analisis angket uji kelayakan RPP oleh ahli desain pembelajaran(RPP) sebesar 100%, uji kelayakan materi rectifier sebesar 75%, uji kelayakan medi video pembelajaran sebesar 100%, uji coba perorangan sebesar 96,2%, uji coba kelompok kecil sebesar 90,7%, dan uji coba lapangan sebesar 87,2% sehingga menghasilkan kriteria penilaian sangat layak. Analisis keefektifan media diperoleh Uhitung = 0 selanjutnya Uhitung dibandingkan dengan Utabel pada taraf signifikansi (α) = 5%, diperoleh nilai a = 127. Sehingga dapat diketahui Uhitung < Utabel = 0 < 127. Dengan demikian H0 ditolak atau H1 diterima. Dari hasil perhitungan rata – rata(M) diperoleh nilai rata – rata beda kelompok kontrol ( Mx) adalah 14.4 sedangkan nilai rata – rata beda kelompok eksperimen(My) adalah 47,7. Maka dapat diketahui bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar lebih besar daripada kelompok kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran dengan judul “Merakit Power Supply Fullwave” dapat digunakan secara efektif dalam kegiatan pembelajaran materi Rectifier untuk kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Khusus Angkatan Laut I Surabaya dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Khusus Angkatan Laut I Surabaya.
Published
2020-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 20