PENGEMBANGAN MEDIA HIJAIYYAH LAUNCHPAD UNTUK MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS I DI SDLB-A YPAB SURABAYA

  • DENI DWI FIRMANSYAH
  • SULISTIOWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Hijaiyyah Launchpad yang layak dan efektif untuk siswa tunanetra kelas 1 di SDLB-A YPAB Surabaya. Media Hijaiyyah Launchpad tersebut dapat memudahkan siswa tunanetra dalam pembelajaran pengenalan huruf-huruf hijaiyyah berharakat fathah dengan huruf braille. Penelitian ini didasarkan pada siswa tunanetra di SDLB-A YPAB Surabaya yang mengalami kesulitan belajar dalam menulis huruf hijaiyyah dengan braille serta tidak adanya media yang memadai, sehingga rendahnya hasil belajar siswa. Maka dari itu diperlukannya pemecahan masalah dengan media Hijaiyyah Launchpad yang memiliki kelebihan yaitu huruf hijaiyyah berharakat fathah dalam bentuk huruf braille, yang dapat mengeluarkan suara sesuai dengan huruf yang di tekan, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa tunanetra dalam pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu model ADDIE. Model ini memiliki 5 tahap dalam proses pembuatan media tersebut yaitu, analyze, design, develop, implement, dan evaluation. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non-parametrik. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan rumus P yang digunakan untuk mengukur presentase angket kemudian untuk tes menggunakan rumus Wilcoxon Signed-Rank Test. Hasil dari penelitian ini menunujukkan bahwa media Hijaiyyah Launchpad layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan data presentase skor hasil dari validasi ahli materi sebesar 89,06% dikategorikan sangat baik. Hasil dari validasi ahli desain pembelajaran sebesar 87,5% dikategorikan sangat baik. Hasil validasi dari ahli media dan bahan penyerta diperoleh skor 93,75% dan 80,35%, keduanya termasuk kategori sangat baik. Pada ujicoba perseorangan 2 siswa diperoleh skor 93,3% dikategorikan sangat baik. Sedangkan pada ujicoba kelompok kecil yang berjumlah 6 orang siswa diperoleh skor 89,04% dikategorikan sangat baik. Media Hijaiyyah Launchpad efektif digunakan dalam proses pembelajaran dengan data perolehan Wilcoxon Signed-Rank Test dari tes before-after yang diperoleh hasil -2,2 < 2, maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikansi 5%, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Hijaiyyah Launchpad layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran siswa tunanetra materi pengenalan huruf-huruf hijaiyyah berharakat fathah dengan huruf braille, bagi siswa tunanetra khususnya siswa kelas I di SDLB-A YPAB Surabaya.
Published
2020-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 97