PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PPKN DENGAN MATERI PERUMUSAN DAN PENETAPAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TAMAN SIDOARJO

  • ALFIA FEBRIANA HIKMATUNNISA
  • MUSTAJI

Abstract

Berasarkan kajian empiris yang dilihat oleh peneliti dari hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo, telah ditemukan kesenjangan dimana peserta didik kurang memahami materi ada pelajaran PPKN. Pada mata pelajaran terlalu banyak menghafal nama, tanggal maupun peristiwa sehingga sulit bagi siswa untuk memahami materi pada pelajaran tersebut. Dalam hal ini berarti sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini didasarkan pada data dimana 25% siswa yang tuntas belajar. Selain itu media yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, sehingga kurang optimalnya materi yang disampaikan oleh guru.­

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media komik Digital yang layak dan efektif digunakan pada materi Prumusan dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara mata pelajaran PPKN di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo. Pengembangan dilakukan sesuai dengan prosedur dengan mengggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation and Evaluate). Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo yang menempuh mata pelajaran PPKN. Hasil analisis validasi materi diperoleh prsentase sebesar 100% dan validasi media diperoleh presentase sebesar 100%. Dari hasil tersebut maka dapat dikatakan penggunaan media komik digital layak digunakan.

Published
2020-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 264
PDF Downloads: 515