Pengembangan Media Website Pada Mata Pelajaran Merawat Peralatan Multimedia Pokok MateriKamera Siswa Kelas X Multimedia Di SMKN I Surabaya

  • NURUL FAJRIR RAHMAN

Abstract

Pembelajaran website merupakan aplikasi praktis teknologi pembelajaran dalam pemecahan
masalah belajar mempunyai bentuk konkret dengan adanya sumber belajar yang memfasilitasi
siswa untu belajar. Pembelajaran website merupakan salah satu media yang dapat digunakan oleh
guru. Sekolah SMK Negeri Surabaya menjadi sasaran untuk mengembangkan media pembelajaran
website. Ketersediaan alat pendukung pembelajaran bermedia sangatlah memadai, tetapi media
pembelajaran yang inovatif masih sangat terbatas, kegiatan pembelajarannya siswa menggunakan
buku tutorial, akan tetapi tidak semua siswa memilikinya, karena keberadaan buku tutorial hanyalah
sebagai buku pedoman untuk praktek yang terkadang gurupun tak mewajibkan untuk membelinya.
Tujuan pengembangan media pembelajaran website adalah menghasilkan produk komputer
berbasis website pada mata pelajaran merawat peralatan multimedia pada materi kamera untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas X multimedia di SMKN I Surabaya. Model pengembangan
yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall (R&D), media komputer berbasis web
pembelajaran ini diuji cobakan kepada siswa kelas X SMK Negeri Surabaya pada mata pelajaran
merawat peralatan multimedia. Pengumpulan data dilakukan melalui instrument angket ahli media,
ahli materi, dan siswa. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil angket ahli media,
ahli materi, dan siswa adalah persentase, sedangkan untuk mengolah hasil belajar siswa yaitu
dengan menggunakan perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah memanfaatkan media
komputer berbasis web pembelajaran
Jenis data yang diperoleh adalah berupa data kualitatif dan data kuantitatif, analisis data
yang digunakan untuk mengolah hasil angket dengan menggunakan skala penilaian maka untuk ahli
materi adalah 74,97% (baik), ahli media I adalah 55,82% (baik), untuk ahli media II adalah 82,49%
(sangat baik), untuk uji coba perorangan 74,97% (Baik), untuk uji coba kelompok kecil 87,22%
(SangatBaik), untuk uji kelompok besar 79,81% (sangat baik). dari hasil peningkatan tersebut dapat
diinterprestasikan bahwa media komputer berbasis web pembelajaran pada mata pelajaran Merawat
peralatan multimedia kelasX dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran
kamera.
Kata kunci :pengembangan website pembelajaran

Published
2013-08-21
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 15