PENGEMBANGAN MEDIA FILM PENDEK POKOK MATERI NAPZA PADA MATA PELAJARAN PJOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 JOMBANG

  • Febby Olivia Nugrahensy Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Mariono Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji tentang sejauh mana kelayakan media film pendek pada mata pelajaran PJOK pokok materi NAPZA untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalan penelitian dan pengembangan atau R & D (Research dan Development). Model yang digunakan adalah model Borg n Gall (1989) yang sudah di modivikasi beberapa tahapannya menyesuaikan dengan kondisi lingkungan pembelajaran yang terdampak pandemi Covid19. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MM SMK Negeri 1 Jombang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa penilaian dari ahli materi, dan ahli media pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode diantaranya observasi, wawancara dan juga dokumentasi berupa angket yang akan di analisis menggunakan skala likert Arikunto (2013) dengan presentase sebagai berikut : uji kelayakan materi menunjukan presentase 91,25% dengan kategori sangat baik, uji kelayakan media menunjukan presentase 93,5% dengan kategori sangat baik. Kedua hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media film pendek pada mata pelajaran PJOK pokok materi NAPZA dinyatakan Layak untuk digunakan pada proses pembelajaran dalam usaha meningkatkan pemahaman siswa pada kegiatan pembelajaran siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Jombang.

Kata kunci : Pengembangan, Film Pendek, Pemahaman Siswa

 

ABSTRACT

                This study examines the extent to which the feasibility of short film media in PJOK subject as the subject matter of drugs to improve the understanding of class XI students at SMK Negeri 1 Jombang. The type of research used is research and development or R & D (Research and Development). The model used is the Borg n Gall (1989) model which has been modified in several stages according to the conditions of the learning environment affected by the COVID-19 pandemic. The subjects of this study were students of class XI MM SMK Negeri 1 Jombang. The instruments used in the study were assessments from material experts and instructional media experts. Data collection was carried out by several methods including observation, interviews and also documentation in the form of a questionnaire which will be analyzed using the Likert scale Arikunto (2013) with the following percentage: the material feasibility test shows a percentage of 91.25% with a very good category, the media feasibility test shows the percentage 93.5% with very good category. The two results of these studies indicate that the short film media in PJOK subject, the subject matter of drugs, is declared worthy for use in the learning process in an effort to improve student understanding of the learning activities of class XI students at SMK Negeri 1 Jombang.

Keywords : Development, Short Film, Improve The Student

Published
2021-05-24
Abstract Views: 180
PDF Downloads: 275