PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PERSAMAAN NILAI MUTLAK MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS X DI SMAN 19 SURABAYA

  • Fatimatuz Zahrah
  • Bachtiar S. Bachri

Abstract

Abstrak
Bersumber pada permasalahan yang terdapat pada SMA Negeri 19 Surabaya, kelas X mata pelajaran Matematika materi Persamaan Nilai Mutlak, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dan tidak memiliki motivasi untuk belajar. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa belum mencapai tujuan nilai ketuntasan belajar minimal. Maka, diperlukan multimedia interaktif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengembangkan produk berupa multimedia interaktif, dan 2) untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif materi Persamaan Nilai Mutlak mata pelajaran Matematika kelas X di SMA Negeri 19 Surabaya. Pengembangan ini menerapkan model Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Guna mengetahui kelayakan multimedia interaktif, peneliti meggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara terstruktur dan angket kelayakan. Hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media masuk ke dalam kriteria layak digunakan dalam proses pembelajaran. Keunggulan multimedia interaktif yang dikembangkan adalah pembelajaran menjadi inovatif dan lebih interaktif, memberi kemudahan bagi guru dalam memvisualisasikan materi, efisiensi waktu dan mensuasanakan siswa untuk mampu belajar mandiri karena penyajian materi secara menarik dan mudah dalam merawat sekaligus
menggunakannya.
Kata Kunci: Persamaan Nilai Mutlak, Multimedia Interaktif, Pengembangan

Abstract
Based on the problems found in SMA Negeri 19 Surabaya, class X Mathematics subject matter Equation of Absolute Value, students have difficulty understanding the material and do not have the motivation to learn. These problems cause student learning outcomes to have not reached the goal of the minimum learning completeness value. So, interactive multimedia is needed to solve these problems. The objectives of this study were 1) to develop a product in the form of interactive multimedia, and 2) to determine the feasibility of interactive multimedia on the Absolute Value Equation of Mathematics in class X at SMA Negeri 19 Surabaya. This development applies the Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE) model. In order to determine the feasibility of interactive multimedia, researchers used data collection techniques in the form of structured interviews and feasibility questionnaires. The results of the feasibility test conducted by material experts and media experts fall into the criteria suitable for use in the learning process.
The advantages of interactive multimedia that are developed are learning to be innovative and more interactive, making it easier for teachers to visualize material, time efficiency and enabling students to be able to learn independently because the presentation of material is attractive and easy to care for as well as use it.
Keywords: Absolute Value Equation, Interactive Multimedia, Development

Published
2021-05-25
Abstract Views: 203
PDF Downloads: 112