PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MATERI STATISTIKA MATA PELAJARAN MATEMATIKA WAJIB KELAS XII DI SMA NEGERI 19 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari media Mobile
Learning berbasis android yang telah dikembangkan dan sesuai dengan tujuan
pembelajaran serta karakteristik materi Statistika mata pelajaran Matematika kelas XII
SMA Negeri 19 Surabaya. Jenis penelitian ini dikembangkan denga model
pengembangan ADDIE yang mana memiliki lima tahapan yakni : (1) analisis (analyze),
(2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi
(implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Pengumpulan data berupa observasi serta
wawancara untuk studi pendahuluan atau penelitian awal untuk mengetahui masalah serta
angket untuk mengetahui kelaykan media. Analisis data angket menggunakan skala
Guttman, hasil akhir pengukuran menunjukkan presentase dari ahli materi dan media
sebagai berikut yakni presentasi uji kelayakan materi Statistika sebesar 85,7%. Uji
kelayakan media Mobile Learning Statistika oleh ahli media yakni sebesar 88%. Kedua
hasil penilaian tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa pengembangan media Mobile Learning pada materi statistika mata
pelajaran matematika wajib kelas XII di SMA Negeri 19 surabaya ini telah dapat
digunakan dalam pembelajaran peserta didik kelas XII di SMA Negeri 19 Surabaya.
Kata Kunci : Statistika, Pengembangan, Mobile Learning.
Abstract
The purpose of this study was to determine the feasibility of the media Mobile
Learning Android-based that has been developed and is under the learning objectives
and the characteristics of Statistics material in Mathematics in class XII SMA Negeri 19
Surabaya. This type of research is developed premises development model ADDIE which
has five stages, namely: (1) analysis(analyze), (2) design(design), (3)
development(development), (4) implementations(implementation), and (5) evaluation
(evaluation). Data collection in the form of observations and interviews for preliminary
studies or preliminary research to find out problems and questionnaires to determine the
feasibility of the media. Analysis of the questionnaire data using the Guttman scale, the
final result of the measurement shows the percentage of material and media experts as
follows, namely the presentation of the feasibility test for Statistics material by 85.7%.
The feasibility test for the Mobile Learning Statistics media by media experts is 88%.
The two results of the assessment are in the very feasible category. So it can be concluded
that the development of media Mobile Learning on statistical material in compulsory
mathematics for class XII at SMA Negeri 19 Surabaya can be used in learning for class
XII students at SMA Negeri 19 Surabaya.
Keywords: Statistics, Development, Mobile Learning.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 60
,
PDF Downloads: 196