Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Prinsi-Prinsip Dasar Animasi Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi Bagi Siswa Kelas XI Jurusan Multimedia Di SMK Informatika Sumber Ilmu Tulangan Sidoarjo

  • Al-Hakim Akbar Yordyansyah Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Mariono Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

 

Jendela ilmu dunia yaitu pendidikan, adalah hal paling penting dalam menatap tujuan seseorang dimasa depan. Sehingga  pendidikan itu penting bagi generasi penerus anak bangsa. Salah satunya di Sekolah Menengah Kejuruan yang mempelajari mata pelajaran animasi 2 dimensi adalah materi dasar dalam membuat animasi, pemahaman terhadap materi sangat dibutuhkan. Pada mata pelajaran animasi 2 dimensi ini membutuhkan media pembelajaran yang dapat menyajikan materi yang sifatnya konseptual menjadi bentuk abstrak dengan tampilan visual yang sesuai dengan tujuan belajar, dan materi yang diberikan disajikan dikombinasi dengan tampilan animasi. Namun, pada kondisi sebenarnya siswa masih kesulitan dalam memahami materi, karena tidak menggunakan media pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa hanya pemberian materi berupa teori saja, sehingga menyebabkan siswa mudah bosan dalam memahami materi yang diberikan tanpa adanya bentuk visualisasi atau penggambaran yang jelas dari materi tersebut. Hal tersebut juga berakibat pada hasil nilai yang diperoleh siswa yaitu dibawah KKM. Maka, peneliti memilih mengembangkan multimedia interaktif yang dapat menjelaskan materi secara jelas, menarik dan inovatif dari adanya visualisasi materi yang diberikan, serta tambahan video tutorial yang mudah dipelajari baik individu ataupun bersama-sama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan dari multimedia interaktif yang dikembangkan sesuai dengan tujuan, karakteristik siswa dan karakteristik materi prinsip-prinsip dasar animasi pada mata pelajaran animasi 2 dimensi kelas XI Jurusan Multimedia di SMK Infromatika “Sumber Ilmu” Tulangan Sidoarjo. Model yang digunakan oleh peneliti adalah pengembangan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Analisis data pada angket menggunakan uji kelayakan desain pembelajaran (RPP) yaitu sebesar 100%, uji kelayakan materi 100% dan untuk uji kelayakan media multimedia interaktif 100%. Dari adanya ketiga hasil tersebut termasuk pada kategori penilaian yang sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif materi prinsip-prinsp dasar animasi telah layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran bagi siswa kelas XI Jurusan Multimedia di SMK Informatika “Sumber Ilmu” Tulangan Sidoarjo.

Kata Kunci: pengembangan, multimedia interaktif, inovatif, prinsip-prinsip dasar animasi dan animasi 2 dimensi.

 

Abstract

 

The window of world science, namely education, is the most important thing in looking at one's goals in the future. So that education is important for the next generation of the nation's children. One of them is in Vocational High School, which studies 2-dimensional animation subjects, which is the basic material in making animation, an understanding of the material is needed. In this 2-dimensional animation subject, it requires learning media that can present conceptual material into an abstract form with a visual appearance that is in accordance with the learning objectives, and the material provided is presented combined with an animated display. However, in actual conditions students still have difficulty understanding the material, because they do not use the learning media needed by students, only providing material in the form of theory, so that it causes students to easily get bored in understanding the material provided without any form of visualization or clear depiction of the material. This also results in the results obtained by students, namely below the KKM. So, the researchers chose to develop interactive multimedia that can explain the material in a clear, interesting and innovative way from the visualization of the material provided, as well as additional video tutorials that are easy to learn either individually or collectively. The purpose of this study is to determine the feasibility of interactive multimedia which is developed in accordance with the objectives, student characteristics and material characteristics of the basic principles of animation in 2-dimensional animation subjects class XI Multimedia Department at SMK Infromatika "Sumber Ilmu" Tulangan Sidoarjo. The model used by researchers is the ADDIE model development. Data collection was carried out by means of observation, interviews, and questionnaires. The data analysis in the questionnaire used the feasibility test of the learning design (RPP), which was 100%, the material feasibility test was 100% and for the feasibility test of interactive multimedia media was 100%. From the three results, it is included in the very feasible assessment category. So it can be concluded that the development of interactive multimedia material basic principles of animation is feasible and can be used in learning activities for class XI students of the Multimedia Department at SMK Informatics "Sumber Ilmu" Tulangan Sidoarjo.

Keywords: development, interactive multimedia, innovative, basic principles of animation and 2-dimensional animation.

Published
2021-05-24
Abstract Views: 255
PDF Downloads: 165