E-Module Materi Berfikir Sejarah Diakronik Dan Sinkronik Kelas X IPS SMA Negeri 19 Surabaya

Authors

  • Nurul Khanifah Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Khusnul Khotimah Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-module dan dinilai kelayakannya pada mata pelajaran
Sejarah kelas X SMA Negeri 19 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE dengan prosedur
pengembangan terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis data kuantitatif digunakan untuk
menganalisis data data yang bersifat kuantitatif adalah data yang berasal dari hasil angket yang diberikan kepada ahli
desain pembelajaran, ahli materi, dan ahli media. Setelah mendapatkan uji kelayakan dengan hasil sangat baik peneliti
dapat mengembangkan media E-Module Materi Berfikir Sejarah Diakronik Dan Sinkronik Kelas X IS SMA Negeri 19
Surabaya sebagai upaya dalam memfasilitasi siswa belajar.
Kata Kunci: media, pengembangan, E-modul.

ABSTRACT
The purpose of this study was to produce an E-module and evaluate of feasibility in the history subject for class
X, 19 Senior High School Surabaya. The development model used is ADDIE with a development procedure consisting
of 5 stages, namely Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. The method of data collection is done
by using interviews, observations, and questionnaires. The data analysis technique used in this study was quantitative data
analysis. Quantitative data analysis is used to analyze quantitative data. Data is data that comes from the results of a
questionnaire given to learning design experts, material experts, and media experts. After had accepted and good quality
licence from the media expert, the researcher can make E-Module media for Diachronic and Synchronic Thinking
Material for Class X in Senior High school 19 Surabaya as an effort to facilitate student learning.
Keywords : Media, develop, E-Module

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-27

How to Cite

Khanifah, N., & Khotimah, K. (2021). E-Module Materi Berfikir Sejarah Diakronik Dan Sinkronik Kelas X IPS SMA Negeri 19 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 11(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/39963
Abstract views: 68 , PDF Downloads: 1996