Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran PPKn Materi Pokok Wawasan Nusantara Dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia Untuk Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Jombang

Authors

  • Silka Kurnia Abdilah Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Alim Sumarno Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan multimedia interaktif pada mata
pelajaran PPKn materi pokok wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE yang
meliputi (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluated). Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan angket untuk
mengetahui kelayakan multimedia interaktif yang dikembangkan. Uji kelayakan media interaktif
dilakukan oleh ahli materi, dan ahli media, yang mendapatkan kategori sangat layak dengan
persentase 81%-100%, yang mana dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 100% dan dari
ahli media mendapatkan persentase sebesar 85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa media pembelajaran multimedia interaktif ini layak diterapkan untuk menunjang proses
pembelajaran pada mata pelajaran PPKn materi pokok Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara
Kesatuan Republik Indonesia untuk kelas XI di SMK Negeri 1 Jombang.
Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, PPKn, Wawasan Nusantara

ABSTRACT
This study aims to determine the feasibility level of interactive multimedia development design on the
PPKn subject matter insight into the archipelago in the context of the unitary state of the Republic of
Indonesia. This type of development research uses the ADDIE research model which includes (Analyze,
Design, Development, Implementation and Evaluated). Data collection in this study was carried out
using interviews and questionnaires to determine the feasibility of interactive multimedia being
developed. The feasibility test of interactive media is carried out by material experts and media experts,
who get the very feasible category with a percentage of 81% -100%, where from material experts get a
percentage of 100% and from media experts get a percentage of 85%. Based on these results it can be
concluded that this interactive multimedia learning media is feasible to be applied to support the learning
process in the PPKn subject, the subject matter of archipelago insight in the context of the unitary state of
the Republic of Indonesia for class XI at SMK Negeri 1 Jombang.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Civic Subject, Archipelago insight

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-05-27
Abstract views: 59