Simulasi Digital Pengindraan Jarak Jauh Dan Interpretasi Citra Untuk Siswa Kelas X IPS di SMAN 19 Surabaya
Abstract
Abstrak
Peneltian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media berupa Simulasi Digital yang layak digunakan
siswa pada materi Pengindraan Jauh dan Interpretasi Citra. Problematika yang ditemukan saat observasi
yakni adanya kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi yang tergolong baru serta media
pembelajaran yang terbatas. Metode penyampaian materi oleh guru yang dilakukan secara verbal memicu
siswa menjadi malas dan bosan saat belajar sehingga mengakibatkan daya serap belajar siswa menurun.
Karakteristik materi Pengindraan Jauh dan Interpretasi Citra lebih dominan pada aspek visual dan metode
simulasi agar siswa mudah dalam memahami materi yang diajarkan. Melalui tahap analisis kebutuhan,
peneliti mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk Simulasi Digital yang berbasis mobile sebagai
sumber belajar dan solusi alternatif dalam menyelesaikan permasalahan belajar siswa. Proses pembuatan
media Simulasi Digital menggunakan model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Development,
Evaluate) dikarenakan setiap tahapannya terdapat evaluasi sehingga menghasilkan produk media yang layak
dan tepat untuk siswa. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui penyebaran angket untuk
mengetahui tingkat ketepatan dan kelayakan media yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data
yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media dinyatakan bahwa media yang dikembangkan masuk kategori
baik sekali dan layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran.
Kata Kunci: simulasi digital, pengindraan jauh, interpretasi citra
Abstract
This research aims to produce a media product in the form a digital simulation that is suitable for students
to use on Remote Sensing and Image Interpretation materials. The problem that was found during the
observation was the difficulties experienced by students in understanding the relatively new material and
limited learning media. The method of delivering material by the teacher which is carried out verbally
triggers students to become lazy and bored while learning, resulting in decreased student absorption. The
characteristics of the material for Remote Sensing and Image Interpretation are more dominant in the visual
aspect and simulation methods so that students can easily understand the material being taught. Through the
needs analysis stage, researchers develop learning media in the form of mobile based digital simulations as
learning sources and alternative solutions in solving student learning problems. The process of making
Digital Simulation media uses the DDD-E development model (Decide, Design, Development, Evaluate)
because at each stage has an evaluation so as to produce media products that are feasible and appropriate
for students. The research data collection was carried out by distributing questionnaires to determine the
level of accuracy and feasibility of the media being developed. Based on the results of data analysis obtained
from material experts and media experts, it is stated that the media developed is in the very good category
and is suitable for use to assist the learning process.
Keywords: digital simulation, remote sensing, image interpretation
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

