engembangan Media E-Modul Pembelajaran Kimia Bilangan Kuantum di SMK Hidayatul Islam Probolinggo

  • Riski Indra Pranata Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Utari Dewi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media yang akan dikembangkan yaitu media e-modul pembelajaran
Kimia materi menentukan bilangan kuantum di Smk Hidayatul Islam Probolinggo. Jenis penelitian ini adalah
penelitian pengembangan dengan mengdaptasi model rancangan system Research and Development (R&D), untuk
mengetahui kelayakan suatu media perlu dilakukan validasi kepada seorang ahli materi dan seorang ahli media dengan
menggunakan sebuah instrumen wawancara yang terstruktur serta melakukan uji coba perorangan serta uji coba
kelompok kecil dengan menggunakan instrumen angket. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif, teknik analisis
data untuk mengukur persentase instrumen wawancara dan angket.Hasil analisis validasi ahli materi diperoleh
persentase sebesar 83,3% dan ahli media I,II diperoleh persentase sebesar 100%, 100%, uji coba perorangan diperoleh
persentase sebesar 85,6%, uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 82,9%, dan uji coba kelompok besar
diperoleh persentase sebesar 84,9%. Hasil analisa data yang diperoleh dapat dikatakan bahwa media e-modul kimia
menentukan bilangan kuantum kelas XI di Smk Hidayatul Islam Probolinggo sangat layak untuk digunakan sebagai
media pembelajaran.
Kata kunci: e-modul, kimia menentukan bilangan kuantum
A

bstrak
This research aims to test the feasibility of the media to be developed, namely the e-module of Chemistry learning
material, which determines quantum numbers in Probolinggo Islamic High School. This type of research is a
development study by adopting a Research and Development (R&D) system design model, to determine the feasibility
of the media to be validated with material experts and media experts using structured interview instruments and
conducting individual trials and small group trials using a questionnaire. The data obtained in the form of quantitative
data. Data analysis techniques used a Likert scale to measure the percentage of interview and questionnaire instruments.
The results of the validation analysis of material experts obtained a percentage of 83.3% and media experts I, II
obtained a percentage of 100%, 100%, individual trials obtained a percentage of 85.6%, a small group trial obtained a
percentage of 82.9%, and large group trials obtained a percentage of 84.9%. The results of the analysis of the data
obtained can be said that the chemistry e-module media to determine the quantum numbers of class XI in the Hidayatul
Islam Probolinggo Vocatonal High School which are very suitable for use as learning media., so that
tobtainedtables1.99045
.
Keyword:e-module,Chemistry material to determine quantum numbers.

Published
2021-06-09
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 66