Pengembangan Media Motion Graphic Pada Mata Pelajaran IPA Materi Peredaran Darah Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Pandak 1 Sidoharjo Sragen

  • Gita Wati Dewi Meilani Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Lamijan Hadi Susarno Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Berdasarkan hasil observasi ditemukan permasalahan pembelajaran yang dialami peserta didik, diantaranya
yaitu kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang terlalu abstrak, sehingga peserta didik
mudah merasa bosan dalam melaksanakan pembelajaran, serta kurangnya penggunaan teknologi dalam
pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dimana membuat aktivitas pembelajaran terasa sangat
membosankan di era sekarang ini. Maka dari itu, Tujuan penelitian ialah 1) untuk mengembangkan sebuah
produk berupa media pembelajaran motion graphic dan 2) untuk mengetahui kelayakan media. Media
dikembangkan pada materi Peredaran Darah, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah
Dasar Negeri Pandak 1 Sidoharjo Sragen. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan, Model
yang digunakan ialah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Jenis
data yang diambil ialah data kuantitatif dan kualitatif, data kuantitatif diperoleh dari data angket kemudian
diolah menggunakan rumus persentase sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara ahli yang
kemudian dilakukan analisis. Langkah pertama yang dilakukan ialah analisis masalah, setelah masalah
ditemukan selanjutnya melakukan perancangan desain media yang akan dikembangkan yang sudah
disesuaikan dengan karakteristik materi, peserta didik dan media, kemudia melakukan pengembangan.
Untuk tahapan penerapan dan evaluasi tidak dilaksanakan dikarenakan masa pandemi covid-19. Untuk
mengetahui kelayakan, dilakukan validasi oleh tiga ahli, yakni ahli RPP, ahli materi dan ahli media. Dari
hasil validasi diperoleh persentase sebagai berikut : 97,5% dari ahli RPP, 90% dari Ahli Materi dan 97,5%
dari Ahli Media. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan
dalam pembelajaran.
Kata Kunci:. pengembangan, motion graphic, peredaran darah

Abstract
According to the result of the observation, there was a learning problem that happened to the students like
they had no good understanding to the material, so they were easy to feel bored in learning and lack of
using technology in learning process became one of factor that make learning activities becomes a boring
activity. So, The aim of this research is 1) to develop a motion graphic-based learning media and 2) to
determine whether it is qualified or not. The learning media is developed on the Blood Circulation System
material of the 5th grade students of Pandak State Elementary School. The method used in this research is
Research and Development (R&D) and the model is Analyze, Design, Development, Implementation, and
Evaluation (ADDIE). The types of the collected data are quantitative and qualitative: the quantitative data
are taken from questionnaire then it was processed using percentage formula while the qualitative data are
taken from interview from the expert which will be analyzed. The research started by analyzing the
problem and then designing the blueprint of the learning media that is adjusted to the characteristics of
learning material, students, and learning media. The following step is developing the learning media. The
implementation and evaluation step could not be conducted due to the situation caused by the covid-19
pandemic. Validation is conducted to determine the qualification of the learning media. It is done by three
experts: lesson plan experts, learning material experts, and learning media experts. The percentages of
validation are 97.5% from the lesson plan expert, 90% from the learning material expert, and 97,5% from
the learning media expert. Therefore, it can be concluded that the developed learning media is qualified in
learning.
Keywords: Research and Development, Motion Graphic, Blood Circulation System

Published
2021-06-09
Abstract Views: 74