Pengembangan E-Modul Materi Teks Surat Lamaran Pekerjaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas XII SMAN 19 Surabaya

  • Achmad Thohari Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Irena Yolanita Maureen Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Keterampilan dalam menulis teks surat lamaran pekerjaan sangat dibutuhkan ketika peserta didik akan
memasuki dunia kerja. Materi ini mulai diajarkan di tingkat SMA, termasuk di SMAN 19 Surabaya kelas
XII. Sebagai studi kasus, pembelajaran materi ini di SMA Negeri 19 Surabaya selama dua tahun berturutturut, sebanyak 40% peserta didik masih belum bisa menyusun surat lamaran pekerjaan sesuai dengan
kriteria minimal yaitu 76. Kondisi peserta didik yang masih belum mengenal dunia usaha dan keadaan
bekerja membuat peserta didik mengalami masalah dalam menyusun surat yang sesuai dengan keperluan
dan bahan ajar yang tersedia belum mendukungnya. Berdasarkan hal ini, artikel ini memaparkan hasil
penelitian mengenai pengembangan sebuah e-modul untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun tujuan dari
penelitian ini ialah mengetahui kelayakan dari e-modul yang telah dikembangkan sesuai dengan tujuan dan
karakteristik materi materi pokok Teks Surat Lamaran Pekerjaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas
XII SMA Negeri 19 Surabaya. E-modul dalam penelitian ini dikembangkan dengan model ADDIE (Analyze,
Design, Development, Implementation, Evaluation). Proses untuk pengumpulan data oleh peneliti dengan
melakukan proses wawancara serta menggunakan angket untuk mengetahui kelayakan media yang
dikembangakan. Berdasarkan hasil dari proses uji kelayakan materi menunjukan hasil sangat baik dengan
persentase 92,5%. Sedangkan untuk hasil dari uji kelayakan media 85,45 %. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa pengembangan media e-modul materi pokok Teks Surat Lamaran Pekerjaan telah layak dan dapat
digunakan dalam kegiatan pembelajaran peserta didik kelas XII SMA Negeri 19 Surabaya.
Kata Kunci: pengembangan, e-modul, teks surat lamaran pekerjaan

Abstract
Writing application letter skill is needed when graduated students are about to enter tehe working field.
This material began to be taught at the high school level, including in class XII at SMAN 19 Surabaya. As
a case study, learning this material at SMA Negeri 19 Surabaya for two consecutive years, some students
still have not finished compiling a job application letter according to the minimum criteria. The condition
of students who are still unfamiliar with the world of business and the conditions of work make students
have problems in compiling letters according to their needs and the teaching materials available do not
support it. Based on this, this article describes the results of research on the development of an e-module
to overcome this problem. The purpose of this study is to determine the feasibility of the e-module that has
been developed in accordance with the objectives and characteristics of the subject matter of the Job
Application Letter Text in Indonesian class XII SMA Negeri 19 Surabaya. The e-module in this study was
developed using the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The
process for data collection by researchers by conducting an interview process and using a questionnaire to
determine the feasibility of the media being developed. Based on the results of the feasibility test the material
showed very good results with a percentage of 92.5%. Meanwhile, the results of the media feasibility test
are 85.45%. So it can be concluded that the development of e-module media, the subject matter of the Job
Application Letter Text, is feasible and can be used in the learning activities of class XII students of SMA
Negeri 19 Surabaya.
Keywords: development, e-module, job application letter text

Published
2021-06-09