Pengembangan Media Audio Pada Tema Indahnya Kebersamaan Sub Tema Bersyukur Atas Keberagaman Materi Pokok Menyimak Teks Lisan Untuk Kelas IV di SDN 1 Sukodono

  • Yashinta Salsabila Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Citra Fitri Kholidya Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Audio Pembelajaran dan mengetahui kelayakannya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design,
Development, Implementation, Evaluation) yang kemudian akan diterapkan pada pembelajaran pada Tema
Indahnya Kebersamaan Sub Tema Bersyukur Atas Keberagaman materi pokok Menyimak Teks Lisan untuk
kelas IV di SDN 1 Sukodono. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara
sebagai langkah studi pendahuluan. Selain itu, juga dilakukan uji kelayakan media dengan menggunakan
angket validasi. Hasil dari uji validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media didapatkan hasil
sebagai berikut : (1) Berdasarkan tinjauan ahli materi, materi yang dimuat dalam media termasuk dalam
kategori sangat baik dengan presentase angka sebesar (83%); (2) Berdasarkan tinjauan ahli media, media
audio yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik dengan presentase angka sebesar (80%); (3)
Berdasarkan tinjauan ahli media, bahan penyerta yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik dengan
presentase angka sebesar (80%); (4) Berdasarkan hasil uji coba produk terhadap siswa didapatkan presentase
angka sebesar (100%). Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpukan bahwa pengembangan media audio
pembelajaran yang telah dilakukan telah layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk materi pokok
Menyimak Teks Lisan untuk kelas IV di SDN 1 Sukodono.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Audio, ADDIE, Menyimak Teks Lisan.

Abstract
This study aims to produce Audio Learning Media and determine its feasibility. This research uses the ADDIE
(Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) development model which will be applied to
learning on the Beautiful Togetherness Theme, Gratitude Sub-theme for the diversity of subject matter listening
to oral texts for grade IV at SDN 1 Sukodono. In this study, data were collected through observation and interviews
as a preliminary study step. In addition, a media feasibility test was also carried out using a validation
questionnaire. The results of the validation tests conducted by material experts and media experts were as follows:
(1) Based on the material expert's review, the material published in the media was in the very good category with
a percentage of numbers (83%); (2) Based on the media expert's review, the audio media developed was in the
good category with a percentage of numbers (80%); (3) Based on the media expert's review, the accompanying
material developed was in the good category with a percentage of numbers (80%); (4) Based on product trials on
students obtained a precentage of (100%). Based on this description, it can be concluded that the development of
audio learning media that has been carried out is suitable for use in the learning process for the subject matter of
Listening to Oral Texts for grade IV at SDN 1 Sukodono.
Keywords: Development, Audio Media, ADDIE, Listening Oral Text.

Published
2021-06-10