Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Pokok Al-Bayaanatus Syakhshiyyah Kelas X SMA Islam Shafta Surabaya

  • Yuris Maulana Fahriza Afifie Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Rusijono Rusijono Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa mobile
learning berbasis android yang layak dan dapat digunakan sesuai kebutuhan belajar peserta didik
kelas X di SMA Islam Shafta Surabaya pada mata pelajaran Bahasa Arab materi pokok AlBayaanatus Syakhshiyyah. Model pengembangan DDD-E merupakan model pengembangan yang
digunakan dalam penelitian ini yang terdiri dari tahap Decide (menetapkan), Design (merancang),
Develop (mengembangkan), dan Evaluate (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan
pada penelitian ini yaitu berupa angket dengan skala Likert yang akan diberikan masing-masing
kepada ahli materi dan ahli media untuk mengetahui persentase kelayakan media. Berdasarkan
hasil angket validasi yang telah dianalisis oleh peneliti, dapat diketahui bahwa persentase tingkat
kelayakan dari ahli materi (validasi materi) sejumlah 96% dan dari ahli media (validasi media dan
bahan penyerta) dengan nilai rata-rata sejumlah 96%. Kedua hasil tersebut memiliki nilai rata-rata
sejumlah 96% yang disesuaikan dengan kriteria tingkat kelayakan yaitu berada direntang skor
81%-100% yang berarti media mobile learning berbasis android dinyatakan layak untuk diterapkan
dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Arab materi pokok Al-Bayaanatus
Syakhshiyyah kelas X SMA Islam Shafta Surabaya.
Kata Kunci: pengembangan, mobile learning berbasis android, bahasa arab
ABSTRACT
This research aims to producing the instructional media products in the form of Androidbased mobile learning that is feasible and can be used according to learning needs of tenth grade
students in Islamic Senior High School Shafta Surabaya on Arabic subjects, the subject matter of
Al-Bayaanatus Syakhshiyyah. The DDD-E development model is a development model used in
this research which consists of the stages of Decide, Design, Develop, and Evaluate. The data
collection technique used in this research is a questionnaire with a Likert scale which will be given
to material experts and media experts respectively to determine the percentage of media eligibility.
Based on the results of the validation questionnaire that was analyzed by the researcher, it can be

seen that the percentage of the feasibility level from material experts (material validation) is 96%
and from media experts (media validation and accompanying materials) with an average value of
96%. Both of these results have an average value of 96% which is adjusted to the eligibility level
criteria, which is in the score range 81%-100% which means that Android-based mobile learning
media is considered feasible in learning activities in Arabic lessons the subject matter of AlBayaanatus Syakhshiyyah tenth grade in Islamic Senior High School Shafta Surabaya.
Keywords: development, android-based mobile learning, arabic language

Published
2021-06-10