Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sistem Sirkulasi Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMA Negeri 19 Surabaya

  • Rizki Firman Ardiansyah Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Alim Sumarno Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) Untuk menghasilkan hasil akhir berupa sebuah produk
Multimedia Interaktif materi Sistem Sirkulasi mata pelajaran Biologi kelas XI di SMA Negeri 19 Surabaya.
(2) Untuk mengetahui kelayakan dari Multimedia Interaktif mata pelajaran Biologi materi Sistem Sirkulasi
kelas XI di SMA Negeri 19 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan
menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan
data menggunakan angket yang diberikan kepada ahli materi, dan seorang ahli media. Analisis data
menggunakan pengukuran skala Guttman, yang mana akan didapatkan jawaban “ya” dan “tidak”. Hasil
perhitungan dari angket penilaian para ahli dari uji coba kelayakan materi menunjukkan presentase sebesar
100%, uji kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif mendapat nilai sebesar 90%, dan uji
elayakan bahan penyerta adalah 90,6%. Dari hasil ketiga pengujian tersebut termasuk dalam kriteria
penilaian sangat baik sekali dan layak, sehingga dapat disimpulkan bahwa, pengembangan media
pembelajaran Multimedia Interaktif mata pelajaran Biologi materi Sistem Sirkulasi telah layak dan dapat
digunakan dalam kegaiatan pembelajaran pada mata pelajaran Biologi bagi peserta didik kelas XI di SMA
Negeri 19 Surabaya.
Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Biologi, Sistem Sirkulasi

Abstrak
The purpose of this research development is (1) To produce the final result in the form of an Interactive
Multimedia, Circulation System material for class XI Biology subjects in SMA Negeri 19 Surabaya. (2) To
determine the feasibility of Interactive Multimedia in Biology subject, Circulation System material for class
XI in SMA Negeri 19 Surabaya. This type of research is development research using the ADDIE model
(Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data collection was carried out using a
questionnaire given to a material expert and a media expert. Data analysis using the Guttman scale
measurement, which will get a “yes” or “no” answer. The results of the measurement show the percentage
value of the experts. From the feasibility test of the Circulation System material by material experts, it is
equal to 100%. The feasibility test of interactive multimedia learning media by media experts gets a score
of 90%. From the results of the three tests, the assessment criteria are very good and feasible. So it can be
concluded that the development of Interactive Multimedia learning media in Biology subjects, Circulation
System material is feasible and can be used in learning activities in Biology subjects for class XI students
at SMA Negeri 19 Surabaya.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Biology, Circulation System

Published
2021-06-10