Pengembangan Video Tutorial Teknik Tata Cahaya Fotografi Kelas XI Multimedia SMK Giki 1 Surabaya

  • Krestanto Budi Waluyo Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Citra Fitri Kholidya Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan produk berupa video pembelajaran dan mengetahui
kelayakan media pada materi teknik tata cahaya fotografi di SMK Giki 1 Surabaya agar layak digunakan menjadi
media dalam pembelajaran dan sumber belajar bagi peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian dan
pengembangan(research and development). Model pengembangan yang digunakan yaitu Borg and Gall. Pada
pengujian kelayakan media, teknik pengumpulan data menggunakan angket serta wawancara yang diberikan
kepada ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media, kemudian data tersebut di analisis dan digunakan untuk
mengukur persentase kelayakan. Hasil analisis validasi ahli materi dan desain pembelajaran mendapat persentase
sebesar 100%, ahli media 100%, dan juga oleh siswa persentase perseorangan 100 % , kelompok kecil 96,7% ,
dari hasil kelayakan yang diperoleh bahwa materi , desain pembelajaran maupun media video memenuhi kategori
sangat baik dan juga produk video pembelajaran yang telah disusun mulai dari tahap perencanaan hingga tahap
revisi produk telah memenuhi konsep yang sesuai dengan kebutuhan dalam penyajiannya.
Kata kunci: Video tutorial, Teknik tata cahaya fotografi

Abstract
This study aims to: produce a product in the form of instructional video and determine the feasibility of
the media in the material of photography lighting techniques at Vocational High School Giki 1 Surabaya so that
it is suitable to be used as a medium for learning and learning resources for students. The method used is research
and development. The development model used is Borg and Gall. In testing the feasibility of the media, data
collection techniques use questionnaires and interviews given to material experts, learning design experts, media
experts, then the data is analyzed and used to measure the percentage of feasibility. The results of the validation
analysis of material experts and learning designs received a percentage of 100%, media experts 100%, and also
by students a 100% individual percentage, small groups 96.7%, from the feasibility results obtained that the
material, learning design and video media meet Very good category and also learning video products that have
been compiled from the planning stage to the product revision stage have met the concept according to the needs
in their presentation.
Keyword: Video Tutorial, lighting, Chemistry material to determine quantum numbers.

Published
2021-06-10
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 96