Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Untuk Materi Pokok Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Mata Pelajaran Tematik Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Di SDN Purworejo, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo

  • Riski Widyawardani Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Irena Yolanita Maureen Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Kemajuan global dan peningkatan hubungan antar budaya pada masa kini menimbulkan berbagai permasalahan sosial
yang menuntut pembelajaran keragaman budaya di Sekolah Dasar untuk menumbuhkan sikap-sikap manusia sebagai
makhluk sosial dan menghargai kebudayaan. Pada studi kasus di SDN Purworejo, Kecamatan Balong, Kabupaten
Ponorogo dalam 2 tahun berurutan nilai KKM pada mata pelajaran IPS mata pelajaran Keragaman Budaya Bangsaku
belum dapat dicapai semua siswa kurangnya visualisasi dan penguatan membuat penyampaian materi pada siswa tidak
maksimal melalui media video animasi pembelajaran visualisasi dan penjelasan materi dapat dilakukan lebih jelas dan
mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media video
animasi pembelajaran yang telah dikembangkan sesuai dengan karakteristik materi pokok keberagaman budaya
bangsaku pada mata pelajaran IPS Kelas 4 SDN Purworejo,Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Research and Development (RnD). Terdapat sepuluh
tahapan yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji coba awal, validasi produk, dan revisi.
Pengumpulan data dilakukan menggunakan Teknik observasi wawancara , dan angket. Analisa data angket
menggunakan pengukuran dengan skala Likert, hasil pengukuran menunjukan persentase dari penilaian para ahli , dari
uji kelayakan Desain Pembelajaran (RPP) adalah 85%, Uji kelayakan materi keragaman budaya bangsaku sebesar 88%,
dan Uji kelayakan pada media video animasi pembelajaran adalah sebesar 96%. Ketiga hasil tersebut termasuk dalam
kriteria penilaian yang sangat layakpengembangan media video animasi pembelajaran materi pokok keragaman budaya
bangsaku telah layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran peserta didik kelas 4 SDN Purworejo, Kecamatan
Balong, Kabupaten Ponorogo.
Kata Kunci : pengembangan, media video animasi pembelajaran, keberagaman budaya bangsaku

Abstract
Global progress and the improvement of intercultural relations at present have created various social problems that
require learning Cultural Diversity in elementary schools to foster human attitudes as social beings and respect for
culture, but in the case of SDN Purworejo, Balong District, Ponorogo Regency where 2 consecutive years Some students
still have scores below the KKM in the Social Studies subject in the subject of Cultural Diversity, this material requires
students to be able to identify cultural diversity as the identity of the Indonesian nation, the lack of visualization and
strengthening makes the delivery of material to students not optimal, through the media of animated video learning
visualization and explanation material can be done more clearly and overcome these learning problems. The purpose of
this study was to determine the feasibility of the instructional animation video media that has been developed in
accordance with the characteristics of the subject matter of the cultural diversity of my nation in the social studies subject
for Class 4 SDN Purworejo, Balong District, Ponorogo Regency. The research method used was the Research and
Development (RnD) model development research. There are ten stages, namely data collection, planning, product
development, initial testing, product validation, and revision. Data collection was carried out using interview observation
techniques, and questionnaires. Analysis of questionnaire data using measurements with the Linkert scale, the
measurement results show the percentage of the expert's assessment, from the Learning Design feasibility test (RPP) is
85%, the feasibility test of the cultural diversity material of my nation is 90%, and the feasibility test on the instructional
animation video media is equal to 90%. These three results are included in the very feasible assessment criteria. So it can
be concluded that the development of instructional video animation media on the subject matter of the cultural diversity
of my nation is suitable for use in the learning activities of 4th grade students of SDN Purworejo, Balong District,
Ponorogo Regency.
Keywords: development, instructional animation video media, cultural diversity of my nation.

Published
2021-06-10