Pengembangan Media E-Modul Interaktif Materi Pokok Penyusunan Neraca Lajur Dan Laporan Keuangan Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Jurusan Perbankan Dan Keuangan Mikro Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Jombang

  • Mega Novita Sari Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Alim Sumarno Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Pengembangan media E-modul pada penelitian ini adalah untuk (1) Produk akhir pembelajaran emodul materi Penyusunan Neraca Lajur dan Laporan Keuangan siswa kelas X Jurusan (PKM)
SMKN 1 Jombang (2) Mengetahui Kelayakan Pembelajaran e-modul Materi Penyusunan Neraca
Lajur dan Laporan Keuangan siswa kelas X (PKM) SMKN 1 Jombang. Model pengembangan yang
digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembang R&D menurut sugiyono
(2017). Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan uji kelayakan ahli materi,
dan ahli media. Berdasarkan analisis data, hasil peruntukan media diagnostik penelitian ini kepada
ahli materi dan ahli media dikategorikan sangat baik yaitu sebesar 81% -100%. Maka dapat
disimpulkan bahwa Pembelajaran e-modul materi Penyusunan Neraca Lajur dan Laporan Keuangan
siswa kelas X (PKM) SMKN 1 Jombang layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Media E-Modul Pembelajaran, Penyusunan Neraca Lajur dan Laporan
Keuangan, Akuntansi Perusahaan Jasa.

Abstract
The development of the E-module media in this research is for (1) The final product of e-module
learning material for the Compilation of Work Sheet Balance and Financial Statements for class X
students of SMKN 1 Jombang (2) Knowing the Feasibility of e-Module Learning Material for
Worksheet Compilation and Class X student financial reports (PKM) SMKN 1 Jombang. The
development model used in this development research is the R&D developer model according to
Sugiyono (2017). The instruments used for data collection were due diligence of material experts
and media experts. Based on data analysis, the results of the allocation of the diagnostic media for
this study to material experts and media experts were categorized as very good, namely 81% -100%.
So it can be concluded that the e-module learning material for the preparation of work sheet balance
and financial reports for class X students (PKM) at SMKN 1 Jombang is suitable for use in the
learning process.
Keywords: Development, Learning E-Module Media, Preparation of Work Sheet and Financial
Statements, Accounting for Service Companies

Published
2021-06-10