Mobile Learning Materi Teks Editorial/Opini Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas XII SMA Negeri 19 Surabaya

  • Nadia Ega Lestari Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Fajar Arianto Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan Mobile Learning Materi Teks Editorial/Opini pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa kelas XII SMA Negeri 19 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Model DDD-E. Prosedur model pengembangan DDD-E ini terdapat 4 tahap yaitu  Decide (Menentukan), Design (Merancang), Develop (Pengembangan), and Evaluate (Evaluasi). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara sebagai studi pendahuluan untuk mengetahui masalah dan angket berupa instrumen validasi kepada ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan media. Skala pengukuran yang digunakan pada angket adalah skala Guttman. Hasil uji validasi kelayakan mobile learning yaitu validasi materi, validasi media, dan validasi bahan penyerta di kategorikan “Sangat Baik” oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil data yang di peroleh, dapat disimpulkan bahwa mobile learning layak digunakan untuk proses pembelajaran materi teks editorial/opini pada mata pelajaran bahasa indonesia yang diterapkan kepada siswa kelas XII SMA Negeri 19 Surabaya.

Kata kunci : Pengembangan, Mobile Learning, Teks Editorial.

Abstract

The purpose of this study was to determine the feasibility of Mobile Learning Editorial Text Material / Opinion in Indonesian Language Subjects for Class XII Students of SMA Negeri 19 Surabaya. The development model used in this study is the DDD-E Model. The procedure for the DDD-E development model consists of 4 stages, namely Decide, Design, Develop, and Evaluate. Collecting data in this study using the interview method as a preliminary study to identify problems and a questionnaire in the form of validation instruments for material experts and media experts to determine the feasibility of the media. The measurement scale used in the questionnaire is the Guttman scale. The results of the feasibility validation test, mobile learning namely material validation, media validation, and accompanying material validation were categorized as "Very Good" by material experts and media experts. Based on the results of the data obtained, it can be concluded that mobile learning is suitable for the learning process of editorial / opinion text material on Indonesian subjects which is applied to class XII students of SMA Negeri 19 Surabaya. 

Keywords : Development, Mobile Learning, Editorial Text.

Published
2021-05-24
Abstract Views: 206
PDF Downloads: 639